Video Pertemuan Terakhir Habibie-Xanana Viral

Video Pertemuan Terakhir Habibie-Xanana Viral
Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, mencium kening Presiden ketiga RI, BJ Habibie, yang terbaring sakit dan dirawat di RSPAD Gatot Subroto, beberapa waktu lalu. Habibie meninggal pada Rabu (11/9/2019), di usia 83 tahun. ( Foto: Istimewa )
Jeany Aipassa / JAI Jumat, 13 September 2019 | 13:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Video pendek yang menunjukkan pertemuan terakhir Presiden Ketiga RI, BJ Habibie, dengan Presiden Pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, viral di media sosial, Kamis (12/9/2019).

Video yang berdurasi 17 detik itu, menunjukkan Xanana Gusmao sedang mengunjungi BJ Habibie saat sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto belum lama ini.

Sejumlah media massa asing mengangkat video tersebut, dan mengaitkan peran BJ Habibie bagi lepasnya Timor Leste dari Indonesia, pada Januari 1999.

Dalam video tersebut, Xanana Gusmao nampak berbicara sangat akrab dengan Habibie. Xanana Gusmao mengusap bahu dan dada, bahkan mencium dahi BJ Habibie. BJ Habibie pun menyambut Xanana dengan memeluknya.

BJ Habibie yang dalam kondisi lemah bahkan menarik kepala Xanana Gusmao dan direbahkan ke dadanya. Saat itulah momen mengharukan terlihat ketika Xanana Gusmao rebah ke dada BJ Habibie yang memeluknya dan terisak.

Tidak ada keterangan mengenai kapan video tersebut diambil, namun pertemuan tersebut diyakini merupakan momen terakhir keduanya, sebelum BJ Habibie wafat pada 11 September 2019.

BJ Habibie di mata Xanana Gusmao merupakan Presiden RI yang berjasa bagi perjuangannya untuk kemerdekaan Timor Leste. Xanana Gusmao memimpin pemberontakan bersenjata melawan pendudukan Indonesia atas Timor Leste, selama dua dekade dan dibebaskan dari penjara beberapa bulan sebelum referendum kemerdekaan pada 1999.

Presiden RI yang mengabulkan dilakukannya referendum kemerdekaan Timor Leste itu adalah BJ Habibie, yang memerintah setelah lengsernya Presiden Soeharto, oleh gerakan reformasi, pada 1998.

Setelah referendum kemerdekaan, Xanana Gusmao terpilih menjadi Presiden Pertama Timor Leste pada 2002. Itu sebabnya, kesedihan Xanana Gusmao dalam video tersebut, nampaknya mewakili perasaan orang Timor Leste terhadap BJ Habibie.

“Tidak hanya orang Indonesia kehilangan dia, tetapi kami juga kehilangan dia. Dia memberi kami dua pilihan, dan sekarang Timor Lorosa'e adalah negara yang bebas dan merdeka,” tulis Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, di akun Twitter-nya, Kamis (12/9/2019).



Sumber: Suara Pembaruan/BBC/CNN