Tiongkok Kecualikan Beberapa Barang dari Daftar Kenaikan Tarif

Tiongkok Kecualikan Beberapa Barang dari Daftar Kenaikan Tarif
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang, pada 29 Juni 2019. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Sabtu, 14 September 2019 | 14:29 WIB

Beijing, Beritasatu.com - Tiongkok berencana mengecualikan produk pertanian dan peternakan AS, seperti kacang kedelai dan daging babi, dari kenaikan tarif impor. Kedua negara menunjukkan itikad baik sebelum kembali ke meja negosiasi perdagangan awal Oktober nanti. AS sendiri berencana menunda kenaikan tarif untuk produk impor dari Tiongkok dari 1 Oktober 2019 jadi 15 Oktober 2019.

Kementerian Perdagangan Tiongkok menyambut baik rencana Presiden AS Donald Trump menundak kenaikan tarif impor selama dua pekan. Trump mengatakan penundaan tersebut atas permintaan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Liu He dan karena Tiongkok akan merayakan HUT ke-70.

Angka kenaikan tarif tetap sama yaitu dari 25 persen jadi 30 persen. Trump akan berada di Washington untuk melakukan negosiasi awal Oktober nanti.

Sebelumnya Tiongkok menerbitkan daftar pengecualian kenaikan tarif impor dari AS yang berisi 16 jenis barang, seperti bibit udang, pakan ikan, pelumas, gemuk, larutan isoparafin, dll. Kacang kedelai dan babi akan ditambahkan dalam daftar tersebut. Tiongkok mengimpor 600.000 metrik ton kacang kedelai dari AS selama periode Oktober-Desember tahun lalu.

Presiden Trump juga mengatakan pihaknya mempertimbangkan perjanjian interim dengan Tiongkok, meskipun itu bukan pilihan utama.



Sumber: CNBC