Atasi Polusi, New Delhi Batasi Mobil Pribadi

Atasi Polusi, New Delhi Batasi Mobil Pribadi
Anak-anak sekolah India menutupi hidung saat berjalan ke sekolah di tengah kabut asap tebal di New Delhi pada 8 November 2017. ( Foto: AFP/Getty Images / Sajjad Hussain )
/ FER Sabtu, 14 September 2019 | 20:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pihak berwenang di India, mengumumkan rencana untuk membatasi lalu lintas mobil pribadi di kota New Delhi selama hampir dua pekan.

Langkah tersebut diambil setelah berlangsungnya festival besar yang menampilkan acara pesta kembang api, membuat kawasan ibu kota India itu diselimuti debu dan kabut asap.

Menteri utama New Delhi, Arvind Kejriwal, menyatakan, mobil pribadi dengan bahan bakar bensin dan diesel akan diizinkan di New Delhi pada 4 hingga 15 November secara bergantian berdasarkan pelat nomor ganjil genap.

Langkah pembatasan serupa pada tahun 2016, disebutkan berhasil mengurangi polusi udara hingga 13 persen. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dilansir tahun lalu menyebutkan, India memiliki 10 kota dengan tingkat polusi terburuk di dunia.

Kejriwal juga mengumumkan rencana pembersihan jalan dengan menggunakan mesin, menanam pohon dan mengendalikan polusi di 12 titik bermasalah di kota tersebut.

Selain itu, pemerintah negara bagian akan menjual masker N-95 yang telah disertifikasi dan memiliki kemampuan menyaring sedikitnya 95 persen debu di udara.



Sumber: VOA