Demi Gading, Gajah Kerdil Kalimantan Mati Ditembak 70 Kali

Demi Gading, Gajah Kerdil Kalimantan Mati Ditembak 70 Kali
Gajah pigmi yang kerdil terancam punah ditemukan mati di Sabah, Malaysia. ( Foto: Daily Mail / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 2 Oktober 2019 | 08:44 WIB

Kuala Lumpur, Beritasatu.com- Seekor gajah kerdil yang terancam punah yang ditemukan mati di pulau Kalimantan telah ditembaki sekitar 70 kali. Pada Senin (1/10), pejabat Malaysia mengatakan gading gajah itu hilang setelah serangan brutal oleh pemburu liar.

Bangkai gajahkerdil yang dimutilasi pernah ditemukan minggu lalu mengambang setengah tenggelam di sungai. Gajah itu sempat diikat dengan tali ke pohon di tepi sungai, di negara bagian Sabah di Malaysia.

Laporan ini adalah kematian terbaru seekor gajah kerdil, yang jumlahnya telah berkurang karena menjadi sasaran pemburu. Gading gajah menjadi buruan sementara perkebunan pertanian meluas ke hutan tempat habitat gajah-gajah itu tinggal.

Berbicara setelah pemeriksaan bangkai, direktur departemen margasatwa Sabah Augustine Tuuga mengatakan serangan kejam seperti itu "tidak umum".

"Empat atau lima pemburu menggunakan senjata semi-otomatis diyakini telah menyerang makhluk itu dari jarak dekat," lapor surat kabar Star, mengutip sumber anonim.

Tuuga mengatakan para pemburu liar itu diyakini penduduk setempat dan pembunuhan itu tidak terlihat seperti operasi profesional.

Elizabeth John, juru bicara Lalu Lintas pengawas perdagangan satwa liar, mengatakan telah terjadi serentetan pembunuhan gajah kerdil sejak tahun lalu tetapi belum ada penangkapan.

"Ini situasi yang serius. Mengidentifikasi dan membawa mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan ke pengadilan adalah kunci untuk mengatasi ancaman ini," katanya.

"Kami berharap investigasi tidak berhenti pada kasus ini saja, ada kemungkinan besar ini terkait dengan orang lain," tambah Elizabeth.

Gajah kerdil dilindungi oleh hukum Malaysia dan mereka yang terbukti bersalah memburunya menghadapi hukuman penjara atau denda yang besar dan kuat.

Menurut kelompok konservasi internasional WWF, hanya ada sekitar 1.500 gajah kerdil Kalimantan yang masih hidup. Subspesies gajah ini meskipun nama kerdil - dapat mencapai ketinggian hingga tiga meter.



Sumber: Suara Pembaruan