Aparat Malaysia Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkoba dalam Durian

Aparat Malaysia Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkoba dalam Durian
Aparat pabean Malaysia memperlihatkan sampel durian yang dikemas bersama heroin saat konferensi pers di Petaling Jaya, Malaysia (18/10/2019). ( Foto: Bernama / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 19 Oktober 2019 | 17:18 WIB

Petaling Jaya, Beritasatu.com- Pihak berwenang Malaysia menyatakan pada Jumat (18/10) telah menggagalkan upaya penyelundupan 6,1 kg heroin yang disembunyikan dalam pengiriman durian beku.

Obat-obatan, senilai RM953.529 (US$ 227.755), ditemukan di Bandara Sultan Abdul Aziz Shah di Subang pada Senin (14/10) saat penggerebekan di perusahaan kargo.

"Beberapa petugas bea cukai, di hadapan agen kargo serta perwakilan perusahaan kargo, melakukan pemeriksaan pada 20 kotak styrofoam yang ditujukan ke Hong Kong," kata Asisten Direktur Jenderal Zona Pabean Departemen Kepabeanan Malaysia Zulkarnain Mohamed Yusuf.

“Pemeriksaan pada kotak menemukan paket mengandung durian beku. Saat dibuka, empat kotak styrofoam ditemukan mengandung empat blok padat yang diduga sebagai heroin yang dibungkus dengan kemasan plastik tembus cahaya,”tambahnya pada konferensi pers, seperti dikutip New Straits Times.

Seorang wanita berusia 34 tahun telah ditahan untuk investigasi berdasarkan Bagian 39B dari Dangerous Drugs Act 1952.

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang, mereka yang memiliki heroin 15gram atau lebih akan menghadapi hukuman mati.



Sumber: Suara Pembaruan