Topan Bulbul Landa India dan Bangladesh, 24 Tewas

Topan Bulbul Landa India dan Bangladesh, 24 Tewas
Seorang wanita membersihkan rumahnya yang rusak akibat Topan Bulbul di Bakkhali, India, Minggu (10/11/2019). (Foto: AFP / Dibyangshu SARKAR)
Unggul Wirawan / WIR Senin, 11 November 2019 | 19:49 WIB

Khulna, Beritasatu.com- Sejumlah 24 orang tewas akibat topan Bulbul yang mengamuk di pantai India dan Bangladesh. Pada Minggu (10/11), sekitar dua juta orang mengungsi di tempat penampungan saat angin kencang dan hujan lebat.

Topan itu meniupkan angin hingga 120 kilometer per jam ketika menghantam pada Sabtu (9/11) malam. Angin kencang memaksa penutupan pelabuhan dan bandara di kedua negara.

Press Trust of India melaporkan 10 orang terbunuh di negara bagian Benggala Barat India termasuk dua orang yang tertimpa pohon tumbang di rumah mereka dan satu lagi setelah tertimpa dahan pohon yang jatuh di Kalkuta.

“Lima warga dilaporkan hilang setelah kapal pukat nelayan tenggelam dalam cuaca buruk di sungai Meghna dekat pulau selatan Bhola,” kata administrator distrik Masud Alam Siddiqui kepada AFP.

PTI melaporkan dua warga lainnya meninggal di negara bagian Odisha terdekat. Di Bangladesh, delapan orang tewas yakni lima orang karena pohon tumbang - dan setidaknya 20 orang terluka.

“Topan itu juga merusak sekitar 4.000 rumah yang sebagian besar terbuat dari lumpur dan timah,” kata sekretaris manajemen bencana Shah Kamal kepada AFP.

Di pesisir Khulna, distrik yang paling parah dilanda Bangladesh, pohon-pohon bergoyang keras dan robek dari tanah dalam badai yang dahsyat, menghalangi jalan dan menghambat akses ke daerah itu.

“Beberapa bagian dataran rendah distrik itu dilanda banjir,” kata menteri manajemen bencana Enamur Rahman.



Sumber: Suara Pembaruan