Johor Kucurkan Rp 50 M untuk Genjot Pariwisata 2020

Johor Kucurkan Rp 50 M untuk Genjot Pariwisata 2020
Hotel Legoland berlokasi di samping Legoland, kota Medini Iskandar. (Foto: CNA / Howard Law)
Natasia Christy Wahyuni / WIR Sabtu, 23 November 2019 | 15:49 WIB

Iskandar Puteri, Beritasatu.com- Pemerintah Johor Malaysia akan menginvestasikan 15 juta ringgit (Rp 50,7 miliar) untuk menggenjot pariwisata di negara bagian itu pada 2020. Alokasi pariwisata itu menjadi pendanaan terbesar dalam sejarah Johor.

Pada Kamis (21/11), Kepala Menteri Sahruddin Jamal mengatakan perekonomian negara diperkirakan akan menghasilkan sekitar 29,4 miliar ringgit (Rp 99,4 triliun) pada 2020 dari pariwisata.

Sekitar 18,4 juta wisatawan diharapkan bisa datang dari 8,4 juta orang yang ditargetkan sebagai pengunjung semalam Johor. Anggaran sebesar Rp 50,7 miliar itu adalah alokasi dana tertinggi untuk pariwisata dalam sejarah negara bagian.

Alokasi 15 juta ringgit akan digunakan terutama untuk peningkatan infrastruktur seperti fasilitas dasar di tujuan wisata, aktivitas promosi, serta menggelar acara-acara.

Saat mengajukan anggaran Johor tahun 2020, Sahruddin menambahkan total 8,2 juta dari alokasi itu juga akan dihabiskan untuk biaya iklan secara lokal dan di luar negeri, termasuk promosi digital.

Sebagian dari alokasi itu juga akan menjadi insentif bagi agen-agen perjalanan yang mampu menarik pengunjuk untuk bermalam di sejumlah tujuan wisata terpilih.

Sahrudin menambahkan pemerintah negara bagian bermaksud memperkenalkan rute-rute perjalanan baru lewat Bandara Internasional Senai.



Sumber: Suara Pembaruan