Dokter India Keluarkan Ginjal Raksasa 7,4 kg dari Pasien Pria

Dokter India Keluarkan Ginjal Raksasa 7,4 kg dari Pasien Pria
Anggota staf rumah sakit berpose untuk foto-foto ketika mereka memegang ginjal yang sakit setelah operasi di Rumah Sakit Sir Ganga Ram di New Delhi, India, Senin (25/11/2019). (Foto: AFP / Rumah Sakit Sir Ganga Ram)
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 26 November 2019 | 09:02 WIB

New Delhi, Beritasatu.com- Ahli bedah India telah mengeluarkan ginjal dengan berat sama seperti bola bowling dari seorang pria dengan kondisi genetik yang mengancam jiwa pada Senin (25/11). Ginjal seberat 7,4 kg adalah salah satu yang terbesar yang pernah diangkat dalam operasi.

"Itu adalah benjolan besar yang menempati setengah dari perutnya. Kami tahu itu adalah ginjal besar tetapi tidak pernah mengira  akan seberat ini," kata Sachin Kathuria, anggota tim bedah, kepada AFP.

Pasien berusia 56 tahun itu, yang menderita penyakit ginjal polikistik dominan autosomal, menjalani operasi dua jam di Rumah Sakit Sir Ganga Ram di Delhi bulan lalu.

Ginjal normal memiliki berat sekitar 120 gram hingga 150 gram dan panjangnya 12 cm. Kathuria mengatakan ginjal yang dipotong dari pria itu hampir sepanjang 45 cm.

Guinness Book of Records menyatakan ginjal terbesar yang diambil dari manusia adalah 4,25 kg dalam operasi di Dubai pada 2017.

Namun, para dokter di rumah sakit New Delhi mengatakan mereka telah menemukan rekening medis dari ginjal seberat 9 kg yang diangkat dari seorang pasien.

Penyakit yang tak disebutkan namanya itu diderita pria menyebabkan kista penuh cairan mulai tumbuh di ginjal. Dokter menyerukan operasi ketika mereka mendeteksi perdarahan internal dan menyebarkan infeksi.

Kathuria mengatakan pria itu sekarang dalam kondisi baik dan menjalani dialisis sambil menunggu transplantasi ginjal.



Sumber: Suara Pembaruan