Indonesia Kirim Perwakilan ke Sidang Genosida Rohingya

Indonesia Kirim Perwakilan ke Sidang Genosida Rohingya
Teuku Faizasyah ( Foto: Istimewa )
Natasia Christy Wahyuni / JAI Jumat, 13 Desember 2019 | 17:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia mengirimkan perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, Belanda, untuk memantau jalannya persidangan kasus genosida etnis Rohingya, di International Court of Justice (ICJ).

Pemerintah Indonesia ingin mendapatkan gambaran utuh, beserta penjelasan dan argumentasi Pemerintah Myanmar terhadap kasus tersebut. Kasus genosida etnis Rohingya telah memasuki tahap public hearing, yang menghadirkan Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi.

“Kita mengikuti proses ICJ ini, dan di sisi lain ASEAN bersama Indonesia terus menyiapkan proses repatriasi para pengungsi. Kita juga siap menjadi jembatan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Menurut Teuku Faizasyah, proses di ICJ masih berjalan, sementara itu, Indonesia tetap melakukan upaya terbaik untuk membantu repatriasi para pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Indonesia, ujar Teuku Faizasyah, mengutamakan repatriasi berjalan aman, sukarela, dan bermartabat. Proses itu akan terus dikawal dalam mekanisme ASEAN.

Terkait gugatan Gambia yang mengatasnamakan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Teuku Faizasyah mengatakan, tidak mungkin menghalangi suatu negara untuk mengajukan gugatan. Namun, Teuku Faizasyah mengakui isu Myanmar sering muncul dalam pembahasan di OKI.

“Sidang di ICJ adalah isu terpisah (dari repatriasi) yang diinsiasi Gambia sebagai anggota OKI, tapi bukan kita tidak melakukan proses pembahasan (di OKI), kita (Indonesia) ikut dalam proses pembahasan,” kata Teuku Faizasyah.



Sumber: Suara Pembaruan