8 WNI Dinyatakan Positif Covid-19 di India

8 WNI Dinyatakan Positif Covid-19 di India
Ilustrasi ruang perawatan pasien positif "corona". ( Foto: Antara )
Heru Andriyanto / HA Kamis, 19 Maret 2020 | 23:02 WIB

Beritasatu.com – Otoritas pemerintah negara bagian Telangana, India, mengumumkan bahwa delapan warga negara Indonesia yang sedang berkunjung untuk kegiatan keagamaan telah positif mengidap virus corona atau penyakit Covid-19 berdasarkan tes yang dilakukan di rumah sakit setempat.

Sejumlah situs berita India memuat kabar tersebut Kamis (19/3/2020), dengan mencantumkan surat edaran pemerintah setempat.

Identitas delapan WNI tersebut tidak diumumkan, dan hanya diidentifikasi sebagai Pasien 5 dan Pasien 7 - Pasien 13.

Dari 172 kasus positif Covid-19 di India hingga Kamis, 32 di antaranya adalah warga negara asing. Dengan delapan pasien, Indonesia berada di peringkat kedua setelah Italia yang 17 warganya diisolasi di India karena virus tersebut, menurut situs India Today.

Sedangkan The Indian Express memberitakan bahwa delapan pasien itu bagian dari rombongan 10 WNI yang datang untuk kegiatan keagamaan.

Situs tersebut juga mencantumkan surat edaran dari Direktur Kesehatan Masyarakat dan Kesejahteraan Keluarga pemerintah negara bagian Telangana di selatan India.

Surat tertanggal 18 Maret 2020 itu diterbitkan pukul 22.00 waktu setempat, berisi tentang daftar kasus baru yang semuanya adalah WNI.

Kronologi
Menurut situs berita The Hindu, rombongan WNI itu melakukan perjalanan dari New Delhi dengan naik kereta api AP Sampark Kranti Express pada 13 Maret, dan tiba di Ramagundem pada 14 Maret dini hari. Disebutkan bahwa di gerbong non-AC itu terdapat 82 penumpang termasuk rombongan WNI.

Anggota rombongan pertama yang dinyatakan positif Covid-19 adalah seorang pria berusia 58 tahun, disebut-sebut sebagai seorang mubalik. Hasil tesnya keluar pada 17 Maret lalu.

Dia sudah menunjukkan gejala-gejala flu saat naik kereta, dan kondisinya memburuk setelah tiba di Karimnagar dengan perjalanan darat dari Ramagundem.

Menteri Kesehatan Negara Bagian Telangana, Eatala Rajender, mengatakan rombongan WNI itu menginap di sebuah masjid di Karimnagar selama dua hari. Mereka kemudian diisolasi di sebuah rumah sakit pemerintah untuk uji spesimen, 16 Maret, dan hasilnya keluar sehari kemudian.

Pada Rabu malam, Direktur Kesehatan Masyarakat dan Kesejahteraan Keluarga Telangana, Dr Srinivas Rao, menerbitkan edaran bahwa tujuh WNI lagi dinyatakan positif Covid-19.

Hasil tes dari dua orang WNI lainnya belum diumumkan hingga saat ini.

Menteri Rajender mengatakan para penumpang yang telah menempuh perjalanan sejauh 1.400 km dalam gerbong yang sama dengan rombongan WNI itu telah diidentifikasi dan sedang ditelusuri untuk dikarantina.

“Kami telah mengidentifikasi orang-orang yang makan bersama para warga Indonesia tersebut. Kepala kepolisian distrik telah bertemu dengan pejabat departemen kesehatan dan mereka akan mengambil tindakan sesuai protokol,” kata Rajender.

 

The Indian Express



Sumber: Indian Express, India Today