Pengangguran di India Capai 122 Juta Orang

Pengangguran di India Capai 122 Juta Orang
Seorang pria menyeberangi jalan di Rajpath, New Delhi, India, selama pemberlakuan karantina untuk mencegah penularan virus corona pada 22 Maret 2020. ( Foto: AFP )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 9 Mei 2020 | 08:38 WIB

New Delhi, Beritasatu.com- Dampak wabah corona di India telah mengakibatkan ledakan angka pengangguran hingga 122 juta orang pada bulan April saja. Seperti dilaporkan BBC, Kamis (7/5), menurut Pusat Pemantauan Ekonomi India (CMIE), tingkat pengangguran India sekarang mencapai rekor tertinggi 27,1%,

CMIE menyatakan data baru menunjukkan angka pengangguran India mencapai empat kali lipat dari AS. India tidak merilis data pekerjaan resmi, tetapi data CMIE diterima secara luas.

India telah melaksanakan penguncian atau lockdown sejak 25 Maret untuk mengekang infeksi Covid-19, yang menyebabkan PHK massal dan kehilangan pekerjaan. Saat ini, India memiliki hampir 50.000 infeksi yang dilaporkan.

Pengangguran mencapai 23,5% pada bulan April, lonjakan tajam dari 8,7% pada bulan Maret. Hal ini dikaitkan dengan penguncian, yang menyebabkan sebagian besar kegiatan ekonomi terhenti, kecuali layanan penting seperti rumah sakit, apotek dan persediaan makanan.



Sumber: Suara Pembaruan