2021, Thailand Janjikan Vaksin Covid-19

2021, Thailand Janjikan Vaksin Covid-19
Foto dokumentasi pada tanggal 29 April 2020 menunjukkan seorang insinyur memegang model plastik virus corona atau Covid-19 di Laboratorium Kontrol Kualitas di fasilitas Biotek Sinovac di Beijing, Tiongkok. (Foto: AFP / NICOLAS ASFOURI)
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 22 Mei 2020 | 15:27 WIB

Bangkok, Beritasatu.com- Thailand berharap bisa memiliki vaksin untuk virus corona baru atau Covid-19 yang siap tahun 2021. Pada Rabu (20/5), seorang pejabat senior mengatakan hal itu setelah menemukan hasil percobaan positif pada tikus.

Taweesin Wisanuyothin, juru bicara Pusat Administrasi Situasi Covid-19 pemerintah Thailand mengatakan negara itu akan mulai menguji vaksin RNA pada monyet minggu depan setelah percobaan yang sukses pada tikus.

“Vaksin Thailand diperkirakan akan digunakan tahun depan,” katanya.

Lebih dari 100 vaksin potensial untuk Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru, sedang dikembangkan, termasuk beberapa dalam uji klinis. Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada bulan April telah memperingatkan bahwa vaksin akan memakan waktu setidaknya 12 bulan.

Vaksin Thailand sedang dikembangkan oleh National Vaksin Institute, Departemen Ilmu Kedokteran dan pusat penelitian vaksin Universitas Chulalongkorn.

Pembawa RNA akan mendorong sel-sel tubuh untuk memproduksi apa yang disebut antigen yakni molekul di permukaan virus- yang memacu sistem kekebalan tubuh untuk beraksi.

Thailand berada di peringkat kelima secara global, tepat di depan Korea Selatan (Korsel), untuk tanggapan cepat dan mitigasi penyebaran epidemi dalam laporan Indeks Keamanan Kesehatan Global Johns Hopkins pada 2019

“Thailand, negara pertama di luar Tiongkok yang mendeteksi kasus virus corona pada Januari, ingin menjadi yang pertama memiliki vaksin yang siap digunakan,” kata Taweesin.



Sumber: Suara Pembaruan