46 dari 58 WNI Terinfeksi di Kuwait Berprofesi Perawat

46 dari 58 WNI Terinfeksi di Kuwait Berprofesi Perawat
Prediksi Puncak Covid-19 Per 26 Mei 2020 (Foto: SP/Antonius Budi)
Natasa Christy Wahyuni / EHD Selasa, 26 Mei 2020 | 18:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Luar Negeri RI mencatat jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi Covid-19 di luar negeri sampai Selasa (26/5) sebanyak 876 orang. Angka itu bertambah empat orang dibandingkan data sehari sebelumnya, Senin (25/5), sebanyak 872 orang.

Dari 876 WNI, perinciannya adalah 453 WNI telah sembuh, 49 WNI meninggal dunia, dan 374 WNI dalam perawatan. Penambahan kasus terkonfirmasi berasal dari empat WNI di Kuwait, termasuk juga penambahan satu WNI meninggal dunia dari Kuwait.
“Berdasarkan informasi yang diperoleh dari KBRI di Kuwait City, sebagian besar mereka yang terjangkit di Kuwait berprofesi sebagai perawat, yaitu 46 orang yang dikabarkan positif adalah perawat,” kata juru bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, kepada Beritasatu.com di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Faizasyah mengatakan total WNI yang terkonfirmasi Covid-19 di Kuwait sebanyak 58 orang terdiri dari 2 WNI meninggal dunia, 50 WNI stabil, dan 6 WNI telah sembuh.

Namun, Faizasyah menyebut tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai lokasi kerja para perawat WNI yang terinfeksi, termasuk apakah mereka berasal dari satu klinik atau rumah sakit yang sama. “Satu dari dua WNI yang meninggal di Kuwait juga bekerja sebagai perawat,” ujar Faizasyah.
Faizasyah mengatakan KBRI di Kuwait City telah menyampaikan ucapan belasungkawa kepada pihak keluarga dari WNI yang meninggal dunia.

Sementara itu, Indonesian Diaspora Network (IDN) Global dalam akun resminya di Facebook, menyatakan seorang perawat Indonesia di Kuwait bernama Nanang Suyono, sebagai garda terdepan melawan pandemi Covid-19 di Kuwait, telah meninggal dunia.
“Beliau sebelumnya juga aktif di kepengurusan IDN Kuwait,” sebut pengumuman yang dipublikasikan di akun Facebook IDN Global, Selasa.



Sumber: BeritaSatu.com