Asian Games 2018

Profil Negara: Bangladesh

Profil Negara: Bangladesh
Asni Ovier / AB Sabtu, 21 Juli 2018 | 00:00 WIB

Harapan Bangladesh untuk meraih minimal satu medali emas pada Asian Games 2018, tampaknya akan pupus. Cabang kriket, yang menjadi andalan negara yang bertetangga dengan India itu tidak masuk dalam salah satu cabang yang dipertandingkan pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Ini tentu kabar sedih bagi Bangladesh, sebab negara itu pernah meraih medali emas di cabang ini pada Asian Games 2010 di Guangzhou, Tiongkok. Malah, selama ikut Asian Games, itu satu-satunya medali emas yang pernah diraih Bangladesh.

Negara yang terletak di Asia Selatan itu memiliki populasi 166,37 juta (2018) dengan Dhaka sebagai ibu kotanya. Bangladesh saat ini dipimpin oleh Presiden Abdul Hamid. Asian Games VIII di Bangkok pada 1978 adalah partisipasi pertama Bangladesh di pesta olahraga empat tahunan itu, Sejak itu, mereka tidak pernah absen dalam sembilan Asian Games berikutnya.

Medali pertama diraih Bangladesh pada Asian Games X 1986 di Seoul, Korea Selatan. Ketika itu, atlet angkat berat Mosharraf Hossain meraih perunggu pada kelas 81 kg. Prestasi terbaik Bangladesh diraih pada Asian Games XVI 2010 di Guangzhou, Tiongkok, dengan mengumpulkan 1 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Ketika itu Bangladesh menempati peringkat ke-27 dari 45 negara peserta. Pada Asian Games empat tahun lalu di Incheon, Korsel, Bangladesh hanya meraih 1 medali perak dan 2 perunggu serta berada di peringkat 32 dari 45 negara peserta. 



Sumber: Inasgoc

BAGIKAN