Asian Games 2018

Profil Negara: Kamboja

Profil Negara: Kamboja
Dwi Argo Santosa / AB Sabtu, 21 Juli 2018 | 00:00 WIB

Kamboja untuk pertama kalinya sepanjang sejarah akan menjadi tuan rumah SEA Games pada 2023 mendatang. Negara berpenduduk sekitar 16,24 juta (2018) orang ini mempersiapkan diri untuk tidak tampil memalukan di ajang pesta olahraga se-Asia Tenggara. Salah satu yang sudah dipersiapkan adalah pembangunan kompleks olahraga megah yang bakal menjadi pusat penyelenggaraan SEA Games 2023 di Phnom Penh.

Pembangunan The Morodok Decho National Sports Complex bakal menghabiskan biaya fantastis, yakni US$ 157 juta. Tempat upacara pembukaan dan penutupan SEA Games 2023 diselenggarakan ini nantinya bakal menyaingi kemegahan beberapa stadion ternama di Asia Tenggara, seperti Stadion Gelora Bung Karno Indonesia, Stadion Bukit Jalil Malaysia, Stadion Rajamangala Thailand, atau Stadion Nasional Singapura. Pembangunan infrastruktur olahraga ini tentu diikuti penggemblengan atlet-atlet untuk menggapai prestasi di ajang SEA Games, Asian Games, bahkan Olimpiade.

Di level Asia Tenggara, Kamboja hanya berada di urutan kedelapan dari 11 peserta SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Negara Angkor Wat ini hanya mengungguli negara kecil Timor Leste, Brunei, dan Laos. Dari total 406 emas yang diperebutkan, Kamboja hanya kebagian tiga. Pada SEA Games 2015 di Singapura, Kamboja ada di peringkat delapan, tetapi hanya memperolehan satu medali emas, lima perak dan sembilan perunggu.

Di level Asia, Kamboja sudah berpartisipasi pada Asian Games 1954 di Manila. Prestasi terbaik adalah atlet putri taekwondo, Sorn Seavmey (22), yang meraih medali emas kelas di bawah 73 kg pada Asian Games 2014 di Incheon, Korsel. Ia juga peraih medali emas SEA Games 2013 di Myanmar dan SEA Games 2017 di Malaysia. Atlet bertinggi badan 183 cm ini adalah orang pertama Kamboja yang memenangi emas di Asian Games. Prestasi Seavmey tidak sampai menembus Olimpiade. Pada 2016 ia bermain di kelas 67 kg dan tersingkir di babak 16 besar. Cabang olahraga yang diikuti Kamboja adalah gulat, renang, tinju, atletik, taekwondo, tenis, dan voli pantai.



Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN