Asian Games 2018

Profil Negara: Mongolia

Profil Negara: Mongolia
Alexander Madji / AB Sabtu, 21 Juli 2018 | 00:00 WIB

Dari sudut luas wilayah, Mongolia adalah negara besar. Luasnya mencapai 1.564.116 kilometer persegi dan menjadi negara terbesar ke-18 di dunia. Topografinya bervariasi dengan Padang Pasir Gobi di wilayah selatan dan daerah pegunungan di utara dan barat. Negara ini juga terkenal sebagai “Land of the Eternal Sky” atau “Country of Blue Sky” alias negara langit biru.

Meski memiliki luas wilayah yang luar biasa, ternyata jumlah penduduknya hanya 3,12 juta jiwa (2018). Negara yang beribu kota di Ulan Bator itu dipimpin Presiden Tsakhiagiin Elbergdorj.

Mongolia pertama kali bergabung dengan Asian Games di Teheran, 1974. Sejak itu, mereka selalu berpartisipasi dalam ajang ini. Pada 1986, Mongolia sempat absen karena aksi boikot.

Selama mengikuti Asian Games, negara itu cukup berprestasi. Mereka selalu meraih medali emas, meski jumlah penduduknya tidak banyak. Mongolia mendapatkan emas paling banyak pada Asian Games XVII Incheon 2014, dengan lima medali emas, empat perak, dan 12 perunggu. Hasil ini menempatkan mereka di posisi ke-16 daftar perolehan medali.

Lima emas mereka masing-masing disumbangkan dari cabang judo (tiga medali) dan menembak serta tinju masing-masing menyumbang satu medali. Selain menyumbang tiga emas, judo juga meraih tiga perak dan empat perunggu. Pada Asian Games 2018 ini, cabang judo tetap akan menjadi andalan mereka.



Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN