Profil Negara: Uzbekistan

Profil Negara: Uzbekistan
Unggul Wirawan / AB Sabtu, 21 Juli 2018 | 00:00 WIB

Uzbekistan merupakan negara yang terletak di antara Asia Tengah dan Eropa Timur. Dengan hamparan daratan yang luas, negara ini memiliki padang pasir dan pegunungan. Berdasarkan cerita sejarah, Uzbekistan pernah menjadi bagian dari kekaisaran Persia Kuno, sampai akhirnya ditaklukkan Alexander Agung pada abad ke-14.

Saat ini wisatawan dari Indonesia semakin dipermudah untuk berkunjung ke Uzbekistan. Dengan kebijakan bebas visa selama 30 hari, WNI bisa melancong dengan bebas.

Negara Uzbekistan mulai eksis setelah merdeka dari Uni Soviet pada 1991. Tashkent, ibu kota Uzbekistan, konon sudah berumur lebih dari 2.000 tahun. Hingga kini, Tashkent masih dikenal sebagai salah satu pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan dunia.

Meskipun menjadi pendatang baru pada ajang Asian Games 1994, Uzbekistan sudah sanggup merebut 42 medali, termasuk 11 medali emas. Selama mengikuti Asian Games sejak 1994 hingga 2014, Uzbekistan telah mengumpulkan 274 medali, 63 di antaranya adalah medali emas.

Prestasi di cabang sepakbola tak boleh dipandang remeh. Pada 2014, atlet Uzbekistan merebut emas di cabang gulat, atletik, dan kano. 



Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN