Anak Usaha Astra Agro Raih Penghargaan Konservasi Satwa

Anak Usaha Astra Agro Raih Penghargaan Konservasi Satwa

Jumat, 7 Agustus 2020 | 14:52 WIB
Oleh : L Gora Kunjana / AO

Banda Aceh, Beritasatu.com – Berkat dukungannya terhadap konservasi satwa liar, PT Tunggal Perkasa Plantation (PT TPP), anak usaha Astra Agro, di Aceh Jaya, mendapatkan penghargaan "Pendukung Konservasi Satwa Liar di Aceh". Penghargaan untuk para mitra dan pegiat konservasi itu diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno di Hotel Hermes Palace, Aceh, Selasa (4/8/2020).

"Terima kasih atas apresiasi dari KLHK terkait kepedulian kami sebagai perusahaan kelapa sawit Grup Astra Agro," kata Administratur PT TPP, Martuah Nasution, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Menurut dia, sesuai triple bottom line yang menjadi acuan operasional perusahaan, PT TPP betul-betul menjalankan kegiatan perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, termasuk satwa liar. Penghargaan ini merupakan apresiasi dari pemerintah terhadap upaya perusahaan dalam mendungkung konservasi gajah di Kabupaten Aceh Jaya.

“Sejak tahun 2015, PT TPP bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan Pemerintah Daerah Kab. Aceh Jaya dalam rangka konservasi Gajah dengan mengaktifkan kembali Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet sebagai tim pelaksana program," ujarnya.

Bersama dengan PT TPP, CRU Sampoiniet juga mendapatkan penghargaan yang sama. Kemitraan antara PT TPP dan BKSDA Aceh ini telah berjalan selama lima tahun. Kolaborasi kedua instansi tersebut mendapatkan penghargaan dari KLHK.

Menurut Nasution, program konservasi gajah memiliki tujuan untuk mencegah dan menanganinkonflik satwa liar dengan manusia di Kabupaten Aceh Jaya. Selain itu program konservasi ini juga ditujukan untuk mendorong peningkatan kesejahtraan ekonomi masyarakat sekitar basecamp melalui pengembangan ekowisata.

"Jika ada gajah liar akan masuk ke wilayah pemukiman, gajah-gajah yang berada di CRU akan diarahkan untuk menghalau gajah liar tersebut,” kata pria yang juga Adiministratur PT Karya Tanah Subur ini.

Gajah liar tersebut akan kembali ke dalam hutan. Dengan demikian, konflik dengan warga dapat dihindari.

Selain untuk konservasi dan menangani gajah liar agar tidak memasuki kawasan permukiman, Basecamp CRU Sampoiniet juga dapat dikembangkan sebagai kawasan ekowisata dan sebagai lembaga tempat pembelajaran dan penelitian terkait gajah. “Ini merupakan potensi ekowisata yang kompleks,” ujar Nasution.

Dirjen KSDAE Wiratno mengucapkan pun terima kasih atas support semua pihak terhadap kepedulian dan dukungan terhadap perlindungan satwa liar di Provinsi Aceh.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

BRIsyariah Tingkatkan Dana Sosial

BRISyariah siap berkontribusi lebih besar dalam memaksimlkan dana sosial masyarakat seperti Wakaf, Zakat, Infaq, dan Shodaqoh.

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Bursa Eropa Flat setelah Trump Larang TikTok dan WeChat

Pan-European Stoxx 600 berada tepat di bawah garis datar pada awal perdagangan.

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Wapres: Pelaku Ekonomi Syariah Harus Manfaatkan Teknologi Digital

Sejumlah aktivitas mulai bekerja hingga berbelanja lebih banyak dilakukan melalui platform online.

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Patra Jasa Komitmen Terapkan Protokol Kesehatan

Patra Jasa menerapkan protokol kesehatan di setiap unit bisnis dan wilayah operasional.

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Daewoong Infion Bukukan Penjualan Erythropoietin Rp 145 Miliar

Total penjualan reverse export produk EPO diperkirakan melampaui Rp 200 miliar hingga akhir 2020.

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Cadev RI Meningkat ke US$ 135,1 Miliar

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2020 sebesar US$135,1 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi akhir Juni 2020 US$ 131,7 miliar.

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Kurs Rupiah Masih Melemah Siang Ini

Kurs rupiah berada di level Rp 14.637,5 per dolar AS atau terdepresiasi 52,5 poin (0,36 persen) dibandingkan perdagangan sebelumnya Rp 14.585.

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Profit Taking, IHSG Terkoreksi 1% Siang Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,06 persen ke kisaran 5.123,32 pada akhir sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (7/8/2020).

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Mampu Sejahterakan Rakyat, Ekonomi Murakabi Masuk Eropa dan Amerika Latin

Perang dunia atau setiap peperangan fisik adalah sama-sama menghacurkan kehidupan sosial dan ekonomi, baik bagi negara kuat atau yang lemah ekonominya.

EKONOMI | 7 Agustus 2020

Hari Kemerdekaan RI Momentum Dorong Pakai Produk Lokal

"Alangkah sayangnya ketika pemerintah selama pandemi ini sudah menyubsidi industri dan masyarakat, ternyata yang dibeli barang-barang impor," kata Firman Bakri

EKONOMI | 7 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS