Polri Gandeng BNI Kelola Pembayaran STNK

Polri Gandeng BNI Kelola Pembayaran STNK
Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jendral Polisi Royke Lumowa, bersama Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI, Adi Sulistyowati, di Aula Gedung National Traffic Management Center (NTMC) Korlantas Polri, Jakarta, Rabu 20 Desember 2017. ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 20 Desember 2017 | 16:59 WIB

Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, dalam mengelola dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan mempermudah layanan pembayaran berbagai dokumen terkait kendaraan bermotor.

Dengan kerja sama ini, setoran PNBP terkait kendaraan bermotor yang dikelola oleh BNI, mencakup Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan, serta STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) LBN (Lintas Batas Negara).

Kerja sama tersebut, ditandatangani oleh Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, dan Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI, Adi Sulistyowati, di Aula Gedung National Traffic Management Center (NTMC) Korlantas Polri, Jakarta, Rabu (20/12).

Kakorlantas, Royke Lumowa, menyampaikan, institusi Polri terus melakukan inovasi dalam pengelolaan PNBP. Salah satunya, dengan menggandeng mitra bank seperti BNI. "Semua itu kami lakukan guna memberikan kemudahan dan layanan lebih baik kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Adi Sulistyowati menuturkan, BNI telah banyak bekerja sama dengan institusi Polri, diantaranya penerbitan dan pengelolaan kartu debit, kartu kredit, maupun tapcash BNI-Polri Promoter, pemberian fasilitas produk konsumer, hingga penggunaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan.

"Selain itu, BNI juga mengelola pembayaran secara elektronik (e-samsat), penyaluran dana tunjangan kinerja (Tunkin) keluarga besar Polri, serta berbagai dukungan pada beberapa kegiatan yang diselenggarakan Polri," jelasnya.

Dipilihnya BNI sebagai bank pengelola PNBP STKN, NRKB, STNK-LBN dan TNKB-LBN, kata Adi Sulistyowati, disebabkan karena BNI mempunyai pengalaman mengelola collection sistem PNBP.

"Kami sangat bersyukur BNI dipilih menjadi mitra strategis Polri khususnya Korlantas dalam mengelola berbagai PNBP. Atas kepercayaan tersebut, kami akan senantiasa menjaganya dan terus meningkatkan layanan terbaik hingga harapan kami kedepannya, BNI dapat dipercaya untuk mengelola seluruh jenis PNBP Polri lainnya," tambahnya.

Menurutnya, BNI telah siap untuk menyajikan sebuah dashboard reporting atau laporan atas penyaluran PNBP tersebut yang realtime dan terintegrasi.

"Sehingga, dana PNBP tersebut akan ter-record dengan cepat dan akurat agar bisa diusulkan kembali kepada Kemkeu untuk dapat digunakan oleh institusi Polri," ungkap Adi Sulistyowati.



Sumber: BeritaSatu.com