Rabobank Bidik Pelaku Usaha Udang Budidaya di Jatim

Rabobank Bidik Pelaku Usaha Udang Budidaya di Jatim
Presiden Direktur Rabobank Jos Luhukay, Region Head Rabobank, Sulaiman Widjaja dan Sector Manager Rabobank Sri Handayani di sela seminar "Perkembangan dan Prospek Udang Budidaya" di Hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (20/9). ( Foto: Beritasatu Photo )
Amrozi Amenan / FER Kamis, 20 September 2018 | 20:32 WIB

Surabaya - Rabobank Indonesia menyasar pelaku usaha udang budidaya di Jawa Timur (Jatim) untuk menyalurkan kredit, yang tahun ini ditargetkan mencapai Rp 14 triliun.

Presiden Direktur Rabobank, Jos Luhukay, mengatakan, seperti yang dialami pelaku usaha udang budidaya di daerah lain, pelaku usaha udang budidaya di Jatim sekarang ini juga menghadapi kendala permodalan.

"Kami dari sisi perbankan siap memberikan akses permodalan bagi pelaku udang di Jatim dan upaya itu sedang kami lakukan," kata Jos Luhukay di sela Seminar "Perkembangan dan Prospek Udang Budidaya" di Hotel JW Marriot, Surabaya, Kamis (20/9).

Selain masalah modal, pelaku usaha di Jatim juga menghadapi masalah lain seperti teknologi, infrastruktur dan akses pasar. Untuk mengurai permasalahan yang pelik tersebut, diperlukan keterlibatan semua pihak seperti petambak udang, eksportir dan juga pemerintah.

Jos mengatakan, pihaknya menyadari modal saja tidak akan cukup untuk mengatasi permasalahan di bisnis udang budidaya. Karena itu, Rabobank juga berusaha memfasilitasi mereka terhadap teknologi dan akses pasar untuk mendukung bisnis mereka.

"Itu alasan kami mengumpulkan semua pihak yang terlibat dalam bisnis udang budidaya ini dalam satu seminar untuk memberikan solusi bagi peningkatan produksi udang budidaya di Jatim," jelasnya.

Jos menambahkan, usaha udang budidaya di Jatim cukup berpotensi untuk dikembangkan karena selama ini konribusinya cukup besar terhadap ekspor komoditas. Berdasarkan peringkat ekspor komoditas, eskpor ikan dan udang Jatim menduduki peringkat ketiga dan menyumbang sekitar 7,42 persen dari total ekspor non-migas. Salah satu tujuan ekspor udang Jatim adalah Amerika Serikat (AS).

"Kita berharap dukungan kami dan semua stakeholder nantinya akan meningkatkan produksi udang di Jatim dan akses pasar ekspor yang lebih luas," tandasnya.

Region Head Rabobank, Sulaiman Widjaja, menambahkan, usaha udang budidaya merupakan salah yang dibidik Rabobank disamping sektor lainnya di Jatim.

"Kita fokus pada sektor food dan agriculture mulai dari hulu sampai hilir. Selama ini Jatim memberi kontribusi 20 persen dari total kredit Rabobank," ungkapnya.

 



Sumber: Investor Daily