Dukung Nawa Bhakti Satya, Bank Jatim Siapkan CSR Rp 20 Miliar

Dukung Nawa Bhakti Satya, Bank Jatim Siapkan CSR Rp 20 Miliar
Pemimpin Divisi Mikro, Ritel dan Program Bank Jatim Taufan Muhammad, Kepala Bagian Pengawasan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jawa Timur Yan Iswara Rosya dan Sekretaris Perusahaan Bank Jatim Glemboh Priambodo di sela Focus Group Discussion (FGD) bertema 'Membedah Strategi Bank Jatim Dalam Mewujudkan Program Nawa Bhakti Satya di Surabaya, Rabu (28/8/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Amrozi Amenan )
Amrozi Amenan / FER Kamis, 29 Agustus 2019 | 08:29 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - PT Bank Jatim Tbk tahun ini mengalokasikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Rp 20 miliar untuk mendukung program Nawa Bhakti Satya yang digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk mengentas kemiskinan.

Sekretaris Perusahaan Bank Jatim, Glemboh Priambodo, mengatakan Bank Jatim akan menyelaraskan program CSR dengan program implementasi dari Nawa Bhakti Satya, seperti Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Diniyah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah dan Jatim Harmoni.

"Ini merupakan program Pemprov Jatim dalam pengentasan kemiskinan. Seperti Jatim Cerdas, CSR Bank Jatim dipergunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jatim,” kata Glemboh di sela Focus Group Discussion (FGD) bertema 'Membedah Strategi Bank Jatim Dalam Mewujudkan Program Nawa Bhakti Satya di Surabaya, Rabu (28/8/2019).

"Saat ini, realisasi CSR yang sudah kami kucurkan sebanyak Rp 10 miliar. Hingga akhir tahun ini, kami targetkan sebanyak Rp 20 miliar," imbuhnya.

Selain CSR, Bank Jatim juga ikut dalam pembiayaan infrastruktur dan terus berupaya meningkatkan kredit sektor usaha kecil dan menengah.

"Ini juga sejalan dengan Nawa Bhakti Satya yang diimplementasikan dalam program Jatim Akses Jatim Berdaya," terang Glemboh.

Dalam kesempatan sama, Pemimpin Divisi Mikro, Ritel dan Program Bank Jatim, Taufan Muhammad, mengatakan, sebagai bank daerah Bank Jatim terus berupaya untuk memberi kontribusi pada Pemprov Jatim. Kontribusi itu berupa pembagian dividen. Pada tahun buku 2018, Bank Jatim menyetujui pembayaran dividen senilai Rp 45,61 per saham, dengan nilai dividen payout sebesar Rp 683,86 miliar.

"Kami terus berinovasi agar bisa memberi kontribusi yang lebih besar bagi Pemprov Jatim. Salah satunya dengan mengeluarkan produk layanan secara digital," kata dia.

Bank Jatim juga terus meningkatkan dukungannya bagi pertumbuhan perekonomian di Jatim dengan meningkatkan porsi kredit bagi UMKM yang jumlahnya cukup besar di Jatim. "Per 22 Agustus 2019, penyaluran kredit tumbuh 9,3 persen secara tahunan (year on year/yoy),” terang Taufan.

Kepala Bagian Pengawasan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jawa Timur, Yan Iswara Rosya, mengungkapkan saat ini kinerja Bank Jatim cukup positif.

"Kami mendorong pertumbuhan kinerja Bank Jatim semakin membaik dan bisa melebihi perbankan daerah lainnya," kata Yan Iswara.



Sumber: Investor Daily