BCA Gelar Kompetisi Blockchain Terbesar di Indonesia

BCA Gelar Kompetisi Blockchain Terbesar di Indonesia
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja. ( Foto: beritasatu photo / mohammad defrizal )
Lona Olavia / FER Sabtu, 23 November 2019 | 19:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui gelaran Financial Hackaton (Finhacks) kali ini mengangkat tema teknologi blockchain, sebagai tajuk utama kompetisi bagi penggiat teknologi informasi di Indonesia. BCA merupakan bank pertama di Indonesia yang menggelar kompetisi blockchain.

2020, BCA Akan Suntik Modal CCV Rp 50 Miliar

BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation merupakan sebuah kompetisi bagi para developer teknologi informasi (TI), blockchain enthusiasts, startup, pelajar dan profesional untuk berkumpul, berkolaborasi, dan berinovasi dalam menciptakan solusi inovatif di bidang finansial. Pada kompetisi tersebut, BCA mempersiapkan total hadiah senilai Rp 520 juta bagi para pemenang, yang menjadikan BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation sebagai kompetisi teknologi berbasis blockchain terbesar di Indonesia.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, gelaran Finhacks 2019 #blockchainnovation adalah wujud kontribusi BCA dalam menanggapi potensi anak bangsa di bidang teknologi, khususnya blockchain, sekaligus sebagai wadah sinergi kolaborasi dengan komunitas blockchain ethusiast.

"Melalui tema tahun ini tentang teknologi blockchain, kami ingin melihat bagaimana blockchain dapat memberikan nilai tambah atau added value dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan solusi perbankan dan finansial kepada masyarakat luas, khususnya dalam hal peningkatan efisiensi, penghematan biaya dan pengurangan risiko," ujar Jahja Setiaatmadja pada pembukaan BCA Finhacks 2019: Demo Day di Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Ilustrasi Blockchain

BCA Rampungkan Akuisisi Bank Royal

Rangkaian kegiatan BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation telah dimulai sejak Agustus 2019. Setiap peserta individu atau anggota dari peserta tim yang terdaftar wajib mengunggah ide inovasinya sesuai dengan kategori yang dipilih. Kemudian, peserta yang lolos akan maju ke babak Prototype Development. Di tahap ini, peserta mendapat bimbingan dari mentor blockchain melalui sesi one-on-one mentoring via webinar atau video conference yang nantinya menghasilkan prototipe aplikasi blockchain.

Dari ratusan peserta yang mendaftar terpilih 30 tim terbaik untuk maju ke babak Protoype Development. Berdasarkan prototipe terbaik terpilih menjadi 15 finalis yang akan bersaing memperebutkan hadiah utama. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap kompetisi ini mematahkan kekhawatiran sebagian kalangan bahwa minat masyarakat Indonesia di bidang blockchain masih rendah. Dari semua peserta tersebut sudah terpilih 15 finalis yang masing-masing terdiri dari 5 finalis dari kategori Interbank Settlements And Payments, 5 finalis dari kategori Identity Management, dan 5 finalis kategori Financial Inclusion. Semua finalis dari ketiga kategori pada akhirnya berlaga di puncak acara, yakni Demo Day pada Sabtu ini.

IONChain Dorong Kolaborasi Blockchain dan Internet

Jahja menambahkan, pilihan tema Finhacks 2019 terkait blockchain ini didasarkan pada keunggulan teknologi ini yang tidak hanya memberikan nilai tambah dari sisi teknis seperti keamanan, transparansi, dan desentralisasi tetapi juga memberikan nilai tambah dari sisi proses dan interaksi bisnis. Industri finansial dan perbankan Tanah Air dapat memanfaatkan kelebihan teknologi ini untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan solusi perbankan dan finansial kepada masyarakat secara lebih baik.

"Seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat, kami menyadari bahwa kebutuhan nasabah juga semakin dinamis dan kompleks. Oleh sebab itu, BCA terus menggali potensi inovasi dalam rangka menciptakan produk dan layanan yang fungsional bagi nasabah. Dan melalui gelaran Finhacks ini tentunya banyak insight-insight baru yang bermanfaat. Terima kasih untuk semua pihak yang telah berpartisipasi, kami percaya sumbangsih karya anak-anak bangsa dari berbagai profesi melalui ajang Finhacks 2019 #blockchainnovation dapat menjadi motor penggerak bagi kemajuan Indonesia dalam menjawab tantangan revolusi industri 4.0," imbuh Jahja.



Sumber: Suara Pembaruan