Akuisisi Bank Lagi, BCA Incar BUKU I Non Tbk

Akuisisi Bank Lagi, BCA Incar BUKU I Non Tbk
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja. ( Foto: beritasatu photo / mohammad defrizal )
Nida Sahara / FMB Jumat, 29 November 2019 | 10:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) saat ini tengah mencari calon bank untuk akuisisi kedua. Bank yang diincar adalah kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I non-Tbk (terbuka). Sebelumnya, BCA mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia. Proses akuisisi tersebut diharapkan bisa selesai pada tahun 2020 mendatang.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, pihaknya masih memiliki utang kepada regulator yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena mencantumkan akan mengakuisisi dua bank dalam rencana bisnis bank (RBB). Saat ini perseroan sudah menyelesaikan proses akuisisi satu bank kecil yakni Bank Royal yang akan dijadikan bank digitalnya.

"Kita pokoknya ambil bank kecil aja, ini masalah PR (pekerjaan rumah) sudah janji mau ambil dua bank, kemarin sudah satu, tinggal satu lagi. Kita lagi nyari-nyari bank kedua, (bank) non Tbk, iya BUKU I," jelas Jahja ditemui Investor Daily usai Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019, di Jakarta, Kamis (28/11/2019) malam.

Menurut dia, nantinya bank akuisisi keduanya tersebut akan memiliki banyak opsi untuk dikembangkan BCA. Meski demikian, pihaknya enggan menyebutkan calon bank akuisisinya dan segmen bank tersebut.

"Opsinya banyak, apakah nanti dimerger ke digital (Bank Royal) atau ke syariah (BCA Syariah), opsinya banyak. Atau bisa jadi bank fokus juga, itu terserah kita nanti," ungkap Jahja.

Pihaknya juga belum menyebut dana yang dianggarkan untuk mengakuisisi bank kecil incarannya. Pasalnya, sampai saat ini Jahja masih mencari calon yang sesuai kriterianya.



Sumber: Investor Daily