Logo BeritaSatu

Perkuat Struktur Pendanaan, Bank Mantap Akan Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

Rabu, 29 Januari 2020 | 13:01 WIB
Oleh : Mashud Toarik / MT

Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Mandiri Taspen (Mantap) berencana kembali menerbitkan obligasi sebesar Rp 1 triliun hingga Rp 2 triliun tahun ini. Aksi korporasi tersebut merupakan bagian dari skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB).

Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso mengatakan, jadwal aksi korporasi ini menyesuikan dengan kebutuhan likuiditas serta momentum pasar. “Kita mau perkuat struktur pendanaan kita dengan penerbitan instrumen-instrumen keuangan, seperti tahun lalu kan kita keluarin obligasi,” ujar Josephus usai acara Penandatanganan kerja sama peer to peer landing dengan PT Fidac Inovasi Teknologi di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Sebagai catatan Bank Mantap telah mengantungi izin penerbitan PUB sebesar Rp 4 triliun hingga tahun 2022. Pada November 2019 lalu Bank Mantap telah menerbitkan PUB Tahap 1 tahun 2019 sebesar Rp 1 trilliun. “Untuk PUB tahun ini belum bisa kita pastikan jadwalnya apakah di semester I atau Semester II, yang pasti tahun ini kita terbitkan,” urai Josephus.

Selain PUB, dikatakan juga tahun ini Perseroan akan mendapatan suntikan tambahan modal sebesar Rp 500 miliar dari induk usahanya yakni Bank Mandiri.

Upaya memacu likuiditas tadi menurut Josephus bertujuan untuk mengejar target pertumbuhan kredit sebesar 30% menjadi Rp 26 triliun dari total kredit yang disalurkan pada tahun 2019 sebesar Rp 20 trilliun.

Bank Mantap optimistis target kredit tersebut akan tercapai mengingat segmen pasar yang dibidik yakni PNS aktif maupun pensiunan yang memiliki potensi cukup besar. Saat ini menurutnya terdapat sebanyak 4,3 juta PNS aktif dan sekitar 2,5 juta pensiunan yang merupakan potensi pasar Bank Mantap. “Kami akan fokus pada segmen itu, tidak akan bergeser ke segmen lain,” imbuhnya.

Terkait komposisi penyaluran kredit dikatakan 80% pada segmen ASN dan Pensiunan, selebihnya sekitar 20% ke segmen mikro dan ritel. Adapun laba bersih menurutnya tahun ini Bank Mantap menargetkan pertumbuhan sebesar 20%-25% dari laba tahun 2019 lalu. “Tahun lalu laba bersih kita tumbuh hampir 30%,” tandasnya.

Peer to Peer Landing

Sementara dalam rangka memenuhi kebutuhan kredit bagi ASN dan Pansiunan, Bank Mantap berupaya terus memperluas dan mempermudah akses pembiayaan bagi segmen tersebut. Salah satunya menjalin kerja sama dengan PT Fidac Inovasi Teknologi.

Kerja sama dalam bentuk peer to peer lending tersebut ditandatangani oleh Direktur Bisnis Bank Mantap Nurkholis Wahyudi dan Direktur Fidac Inovasi Teknologi Harry Fardan Zaini yang disaksikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana serta Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Menurut Josephus K. Triprakoso, dalam optimalisasi manfaat pembiayaan ASN aktif, Bank Mantap bekerjasama dengan PT Fidac Inovasi Teknologi dengan platform aplikasi DUMI membuat produk soft loan berbasis Kredit Tanpa Agunan Payroll yang bertujuan untuk memberikan Pembiayaan cepat dan efisien kepada ASN aktif.

“Para ASN ketika membutuhkan pembiayaan mendadak seperti membayar SPP anak, pajak kendaran bermotor, renovasi rumah, bencana alam dan lain-lain dapat mengambil KTA Payroll menggunakan aplikasi DUMI, diharapkan dengan layanan ini dapat mempermudah calon debitur tanpa ke kantor cabang, sehingga para calon tidak perlu mengeluarkan biaya dan menghabiskan untuk ke kantor cabang,” ujar Josephus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Majalah Investor

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Era Inflasi Tinggi, Ini Respons Suku Bunga Bank Sentral Dunia

Inflasi di AS mencapai 8,3%, Inggris mencapai 9,9%, tetapi kedua negara ini tidak seberapa dibanding Turki yang ada di kisaran 80%.

EKONOMI | 25 September 2022

Info Loker, Freeport Buka 4 Lowongan Kerja di Jawa Timur

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka empat lowongan kerja bagi sarjana teknik untuk proyek smelter Manyar di Jawa Timur.

EKONOMI | 25 September 2022

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden Anugerahi Medali Kemanusiaan pada Elton John

Biden Anugerahi Medali Kemanusiaan pada Elton John

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings