Genjot Dana Murah, Bank Gencar Tawarkan Kerja Sama Payroll

Genjot Dana Murah, Bank Gencar Tawarkan Kerja Sama Payroll
Peluncuran Produk BTN Solusi dalam rangka menggejot CASA di Jakarta, Senin (10/2/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / - )
Mashud Toarik / MT Senin, 10 Februari 2020 | 13:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Likuiditas perbankan yang sedang ketat memaksa bank untuk kreatif melahirkan strategi mengejar dana murah.

Salah satunya membuat produk bundling tabungan dan kredit yang ditawarkan kepada instansi dan perusahaan dalam bentuk pengelolaan payroll atau gaji.

Bagi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) strategi ini bukan hanya berpotensi memupuk CASA (current account saving account) tapi sekaligus dapat menekan biaya dana.

Direktur Utama BTN Pahala N Mansury mengatakan melalui produk bernama BTN Solusi ini pihaknya membidik dana murah Rp 1,9 triliun. Sementara jumlah rekening yang ditargetkan mencapai 372 .000. Semuanya berasal dari tabungan payroll tersebut

Adapun per Desember 2019, CASA Bank ini tercatat di atas Rp97 triliun, Namun tahun ini, perseroan menargetkan CASA bisa menembus di atas Rp116 Triliun atau tumbuh di atas 19%. Sehingga porsi CASA terhadap DPK bisa mencapai lebih dari 45%.

"CASA tersebut diperkuat untuk menunjang perolehan DPK perseroan yang tahun ini ditargetkan tumbuh antara 13%-15%," paparnya saat peluncuran BTN Solusi di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Pahala menjelaskan, setidaknya, ada empat segmen utama yang disasar BTN Solusi yaitu Kementerian, BUMN, Swasta dan Kawasan Industri. Namun untuk tahap awal ini, diutamakan adalah segmen Kementerian/Aparatur Sipil Negara dan BUMN.

Pahala menambahkan, Program BTN Solusi akan menjadi andalan perseroan dalam meraih dana murah yang saat ini makin kompetitif diperebutkan perbankan.

Memurut Pahala diperlukan inovasi produk baru dengan benefit yang lebih khusus dan beda dari Bank lain, yaitu kemudahan, efisiensi dan dapat meningkatkan employee engagement antara perusahaan dengan karyawan.

BTN Solusi menurut Pahala, memberikan banyak kemudahan diantaranya kemudahan pembukaan rekening Tabungan Payroll dengan manfaat antara lain: biaya administrasi ringan; mendapatkan fasilitas transaksi seperti Kartu Debit (VISA & GPN), Mobile Banking dan lain sebagainya.

Selain itu BTN Solusi juga menawarkan keringanan biaya-biaya tabungan payroll seperti untuk setoran awal, biaya administrasi yang terjangkau, saldo minimal yang bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan, biaya transaksi antar wilayah yang murah dan lain sebagainya.

“Untuk jasa payroll, semua bisa dinegosiasikan. Dengan kelebihan ini, Perusahaan dapat menghemat biaya untuk dapat dialihkan ke kebutuhan lain bagi karyawan, di sisi lain karyawan juga tidak dibebani biaya-biaya tabungan, malah dipermudah dalam mendapatkan pencairan kredit baik Kredit Agunan Rumah, KPR baik subsidi maupun non subsidi hingga Kredit Ringan di Bank BTN dengan suku bunga yang kompetitif dan proses yang tidak rumit,” katanya.

Bagi perusahaan sendiri nantinya juga akan mendapatkan benefit yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan usaha dan menciptakan nilai tambah baik bagi perusahaan antara lain melalui pengelolaan rekening giro dan Program Pengembangan Operasional (PPO).

Selanjutnya akan disiapkan pula produk untuk Kredit Korporasi termasuk produk dan layanan syariah nantinya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bank BTN melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama mengenai Sinergi Jasa Layanan dengan instansi yaitu Kementerian Agama RI, Universitas Padjadjaran dan PT Telkom Internasional.



Sumber: Majalah Investor