Perbarindo Apresiasi Peran Mahasiswa Dukung Industri BPR-BPRS

Perbarindo Apresiasi Peran Mahasiswa Dukung Industri BPR-BPRS
Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) mengumumkan pemenang sejumlah kompetisi yang digelar dalam rangka Hari BPR-BPRS Nasional. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 4 Juni 2020 | 13:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) baru-baru ini mengumumkan pemenang sejumlah kompetisi yang digelar dalam rangka Hari BPR-BPRS Nasional yang jatuh pada 21 Mei 2020 lalu.

Baca Juga: Pemerintah Kebut Penyelesaian Skema Subsidi Bunga UMKM

Adapun sejumlah kompetisi yang digelar tingkat nasional antara lain, lomba penulisan opini tentang BPR-BPRS, lomba poster BPR-BPRS, dan lomba TikTok.

Ketua pelaksana kompetisi, Ahmad Ropik mengatakan, Perbarindo selaku organisasi Bank Perkreditan Rakyat se-Indonesia menganggap seluruh kegiatan tersebut penting dilakukan.

"Selain memberikan edukasi ke masyarakat bahwa BPR-BPRS adalah bank, kompetisi ini juga digelar untuk menumbuhkembangkan kreativitas anak bangsa di masa pandemi Covid-19,” kata Ahmad Ropik dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (4/6/2020).

Baca Juga: Aset Industri BPR Tembus Rp 150 Triliun

Ahmad Ropik mengatakan, sejumlah lomba yang digelar bukan sekadar perayaan Hari BPR-BPRS Nasional semata, namun juga sebagai wujud dari memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya eksistensi BPR-BPRS dalam memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

"Kami cukup surprise dengan animo mahasiswa yang begitu antusias. Setidaknya kami mencatat ada ratusan peserta yang mengikuti kompetisi ini. Kami tak menyangka bahwa ternyata mahasiswa dari perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia menaruh perhatian besar kepada industri BPR-BPRS," ujar Ahmad Ropik.

Untuk lomba penulisan opini, juara pertama direbut oleh Pande Gede Agus Diva Prananda (Mahasiswa Teknik Industri, Telkom University). Lalu, untuk juara dua dan tiga diraih oleh Agustini (Mahasiswa Sarjana Ilmu Hukum, Univesitas Internasional Batam) dan Nathalia Jessica Desrini (Mahasiswa Akuntansi, Universitas Kristen Indonesia).

Baca Juga: Jaga Kondisi Likuiditas, LPS Turunkan Bunga Penjaminan 0,25%

Sementara untuk pemenang lomba poster masing-masing diraih oleh Maria Sabatine Nessha Putri dari Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma (Juara I), Zefanya Inada Kamandai dari Fakultas Sistem Informasi, Universitas Mulia Samarinda (Juara II), dan Fahrizal Ahyar dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas 17 Agustus Samarinda (Juara III).

Terakhir, lomba TikTok memunculkan nama-nama seperti Lathifah Nuraini (Universitas Negeri Yogyakarta), Hana Theresia (Universitas Kristen Indonesia), dan Ditapradnya dari Poltekkes Denpasar sebagai kreator-kreator terbaik.

"Seluruh pemenang lomba selain mendapatkan hadiah berupa uang, juga mendapatkan sertifikat dari DPP Perbarindo. Melihat respon yang begitu positif dari kompetisi yang digelar, Perbarindo berencana akan menjadikan kompetisi seperti ini sebagai agenda tahunan dalam rangka perayaan hari BPR-BPRS Nasional," pungkas Ahmad Ropik.



Sumber: BeritaSatu.com