Nobu Bank Luncurkan "WhatsApp for Business" bagi UMKM

Nobu Bank Luncurkan
Pelayanan Bank Nobu. (Foto: BeritaSatu Photo / Uthan A Rachim)
Anselmus Bata / AB Kamis, 11 Juni 2020 | 14:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Nobu Bank meluncurkan layanan "WhatsApp for Business" sebagai layanan informasi dan konsultasi, terutama bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), baik terkait hal-hal seputar merchant QRIS (QR Code Indonesian Standard) maupun terkait digital payment milik perseroan, Nobu ePay.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (11/6/2020), Corporate Secretary Nobu Bank, Mario Satrio menyatakan pihaknya tetap konsisten pada visi mendukung UMKM secara luas di Indonesia melalui kompetensi yang dimilikinya di bidang perbankan. Komitmen ini diwujudkan dengan memperluas kemitraan dengan para pengusaha mikro, kecil, dan menengah di berbagai daerah melalui penyediaan sarana penerimaan pembayaran nontunai, NOBU-QRIS. Dengan QRIS, para pengusaha tetap dapat menyediakan sarana transaksi yang aman, tanpa kontak tangan dengan para pelanggan, terutama di masa pandemi Covid-19.

Bagi pengguna, Nobu Bank menyediakan digital payment, Nobu ePay yang dapat digunakan di merchant mana pun bertanda QRIS.

Kedua layanan tersebut merupakan upaya perseroan mewujudkan layanan keuangan inklusif yang dapat dirasakan manfaatnya secara luas.

"Dengan kehadiran layanan informasi dan konsultasi via 'WhatsApp for Business' ini diharapkan masyarakat, khususnya pengusaha mikro, kecil dan menengah, semakin mudah dalam memperoleh informasi seputar layanan dan promo atau berkonsultasi atas kendala layanan yang mungkin dihadapi," kata Mario.

Untuk menyediakan layanan "WhatsApp for Business", Nobu Bank mendapat dukungan pendampingan dari Facebook sebagai pemilik layanan WhatsApp. Perseroan mengapresiasi dukungan Facebook yang telah memberikan berbagai insight tentang perkembangan dunia digital saat ini, khususnya dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Di lain pihak, Facebook juga mengapresiasi langkah-langkah Nobu Bank yang selama ini telah mengembangkan layanan keuangan yang bersifat inklusif, seperti NobuBank88, Nobu ePay, dan pengembangan merchant QRIS justru di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan.

Terkait QRIS, Mario menambahkan bahwa saat ini pihaknua sedang meluncurkan “Kampanye QRIS” sebagai sarana pembayaran yang aman tanpa kontak tangan guna menjaring merchant-merchant UMKM baru lewat platform media sosial Facebook dan Instagram.

Pihaknya berharap kerja sama yang telah terjalin antara Nobu Bank sebagai bank yang mendukung layanan digital yang bersifat inklusif dengan Facebook sebagai penyedia platform media sosial terdepan saat ini dapat terus dikembangkan di masa datang demi kemajuan UMKM di Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com