KB Kookmin Bank Realisasikan Komitmen Dukung Bukopin

KB Kookmin Bank Realisasikan Komitmen Dukung Bukopin
Bank Bukopin (Foto: Beritasatu.com)
Anselmus Bata / AB Selasa, 16 Juni 2020 | 13:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - KB Kookmin Bank telah merealisasikan komitnemmnya untuk mendukung bisnis Bank Bukopin. Komitmen ini ditandai dengan mengakusisi 51% saham Bank Bukopin.

Seperti diberitakan dalam laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 11 Juni 2020, lembaga tersebut telah menerima pernyataan KB Kookmin Bank yang pada saat itu memiliki kepemilikan 22% saham Bank Bukopin untuk menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin dengan mengakusisi 51% saham. Hal ini sejalan dengan rilis yang diterbitkan Bank Bukopin yang menyebutkan bahwa pada 11 Juni 2020 KB Kookmin Bank telah menyetorkan dana segar ke Bank Bukopin.

Direktur Operasi dan TI Bank Bukopin, Adhi Brahmantya, dalam keterangan tertulis, Senin (15/6/2020), menyatakan proses yang telah dilakukan dengan KB Kookmin Bank untuk menjadi pemegang saham pengendali baru masih terus berjalan di pihak regulator Indonesia maupun Korea Selatan.

"Untuk membuktikan komitmen KB sebagai salah satu pemegang saham utama Bank Bukopin, KB telah menyuntikkan dana untuk mendukung likuiditas bank," katanya.

Berdasarkan hal tersebut, lanjutnya, kabar bahwa Kookmin Bank gagal mengatasi masalah likuiditas Bukopin, tidak benar. Sesuai rilis yang disampaikan OJK dengan nomor SP-44/DHMS/OJK/VI/2020 perihal Klarifikasi OJK terkait berita Proses Kookmin Bank Menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas Bank Bukopin, menyatakan bahwa berita itu tidak benar karena berasal dari sumber yang tidak sah.

"Surat dimaksud tertanggal 10 Juni 2020 tersebut merupakan surat yang sangat rahasia dan hanya ditujukan kepada pihak-pihak berwenang serta tidak diperuntukkan untuk media dan publik. Dengan telah disetorkannya dana oleh KB Kookmin Bank, menandakan tingkat kepercayaan positif investor terhadap perekonomian Indonesia," kata Adhi.

Dalam rilis, OJK juga menyampaikan bahwa masyarakat diharapkan tidak terpengaruh terhadap berita yang termuat dalam surat tanggal 10 Juni 2020, karena sudah tidak sesuai dengan kondisi terakhir.

Lebih jauh dikatakan, akuisisi KB Kookmin Bank terhadap Bank Bukopin memberi sinyal positif di tengah lesunya sentimen pasar terhadap ekspansi bisnis dan perekonomian. “Tentu hal ini adalah bukti bahwa akusisi KB Kookmin Bank terhadap Bukopin adalah langkah nyata dari optimisme terhadap Bank Bukopin. Sebagai bank penyalur kredit retail (UMKM dan konsumer) dengan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan ke depan,” terang Adhi.

 



Sumber: BeritaSatu.com