BRI Gandeng FWD Group Suntikkan Modal Baru ke BRI Life

BRI Gandeng FWD Group Suntikkan Modal Baru ke BRI Life
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Istimewa)
Heru Andriyanto / HA Senin, 22 Juni 2020 | 20:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengumumkan rencana kerja sama strategis dalam bidang asuransi jiwa bersama FWD Group (FWD), sebuah perusahaan asuransi terkemuka di di Asia, Senin (22/6/2020).

Sebagai bagian dari proses kerja sama, FWD telah menandatangani conditional share subscription agreement (perjanjian pembelian saham bersyarat) untuk menyuntikkan modal dalam bentuk saham baru ke PT Asuransi BRI Life (BRI Life), perusahaan anak dari BRI, menurut keterangan pers BRI yang diterima redaksi.

Transaksi ini masih dalam proses persetujuan regulator dan pemangku kebijakan terkait lainnya.

“Transaksi ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menarik bagi investor luar negeri. Kami senang dapat bekerja sama dengan FWD, salah satu perusahaan asuransi terdepan di Asia,” kata Direktur Utama BRI Sunarso seperti dikutip dalam keterangan tersebut.

“FWD akan menyuntikkan modal kepada BRI Life, namun BRI masih akan menjadi pemegang saham mayoritas di BRI Life. Setelah proses transaksi tuntas, BRI dan BRI Life akan membuat perjanjian kerja sama selama 15 tahun untuk mengembangkan bisnis asuransi jiwa,” imbuhnya.

Tidak disebutkan berapa nilai penambahan modal dari FWD.

Menurut Sunarso, kerja sama ini akan berdampak positif bagi semua pihak, termasuk para nasabah. BRI sendiri, akan memperkuat value proposition bagi para nasabahnya.

Kemudian, BRI Life akan mendapatkan manfaat dari expertise yang dimiliki FWD sebagai perusahaan yang sudah mapan di bancassurance (kerja sama bank dan asuransi) sehingga membantu BRI Life memperkaya pengembangan produk, distribusi, underwriting, risk management, operasional dan teknologi digitalnya, bunyi keterangan pers tersebut.

Sedangkan bagi FWD , kerjasama ini menjadi kesempatan yang besar untuk memperkuat kehadiran dan komitmennya terhadap pasar di Indonesia serta mempertegas eksistensinya sebagai perusahaan terdepan di industri bancassurance.

Asuransi adalah salah satu bagian penting dari bisnis BRI secara keseluruhan, dan BRI berharap BRI Life dapat menjadi pemain utama di industri asuransi jiwa Indonesia, kata Sunarso.

“Kami percaya dengan keahlian, rekam jejak, dan kemampuan FWD serta didukung dengan basis nasabah yang kami miliki maupun semangat kami untuk tumbuh, maka ini merupakan kerja sama yang ideal untuk mencapai impian tadi. Posisi BRI sebagai market leader, baik di segmen mikro dan konsumer, serta didukung dengan jaringan kerja yang luas, teknologi digital, kami melihat ke depan, kerja sama ini akan menciptakan value jangka panjang bagi nasabah dan para pemangku kepentingan,” urai Sunarso.

Dalam membantu penyelesaian transaksi ini, BRI menunjuk Morgan Stanley sebagai konsultan finansial, Hadiputranto Hadinoto & Partner sebagai konsultan hukum serta Pinnacle sebagai konsultan aktuaria.



Sumber: BeritaSatu.com