Gandeng Google Cloud, BRI Berdayakan UMKM

Gandeng Google Cloud, BRI Berdayakan UMKM
Sejalan dengan adanya imbauan untuk melakukan physical atau social distancing oleh Pemerintah, kini penarikan uang pensiun bagi nasabah yang pembayaran pensiunnya melalui rekening PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bisa diambil di dekat rumah. (Foto: Ist)
Lona Olavia / FMB Kamis, 2 Juli 2020 | 12:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melakukan terobosan baru dalam memperkuat peran digitalisasi bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, melalui kerja sama dengan Google Cloud dalam rangka memperluas jangkauan dan kapasitas layanan teknologi digital.

“Ini sebuah langkah maju dari transformasi digital Bank BRI. Kami memiliki kepedulian dan tanggung jawab dalam meningkatkan layanan kepada pelaku UMKM untuk go digital,“ ungkap Direktur Digital dan Teknologi Informasi (TI) Bank BRI Indra Utoyo dalam sesi virtual meeting bersama CEO Google Cloud, Thomas Kurian (1/7/2020).

Jelas ia, terdapat tiga tujuan utama dalam kerja sama ini yakni pertama, mendorong ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia dengan high tech dan low touch. Dalam poin ini, Bank BRI akan mempertajam merchant assessment melalui pemberdayaan data UMKM yang dimiliki Google yang mencakup seluruh Indonesia. Kerja sama dengan Google Cloud juga akan meningkatkan kompetensi UMKM melalui pelatihan digital bersama Google Academy (Youtube, dan Google MyBusiness).

Kedua, melalui kerja sama ini Bank BRI berupaya menciptakan micropreneur baru melalui penyaluran KUR Digital. Bank BRI juga akan meningkatkan eksposur dari KUR Digital ke seluruh pelosok dengan pemanfaatan Google Ads dan mempertajam penerapan KUR digital dengan teknologi cloud dan artificial intelligence.

Poin ketiga, kerja sama ini akan menciptakan keunggulan bagi BRI dalam menciptakan artificial intelligence based risk management milik Bank BRI. Dengan kerja sama ini, Bank BRI akan mempertajam akurasi artificial intelligence BANK BRI yaitu “BRIBRAIN” dengan best practice dan kerja sama teknologi yang dimiliki Google.

“Untuk masuk ke mikro dan ultramikro, Kami perlu melakukan terobosan dalam penerapan artificial intelligence untuk merchant assessment, credit scoring, product recommendation dan fraud detection. Kami harus dinamis, cepat, dan akurat,” tegas Indra.

Indra menambahkan sebagai bank terbesar yang menyalurkan pendanaan bagi pelaku UMKM, kerja sama dengan Google Cloud akan membantu BRI untuk memperluas jangkauan layanan keuangan untuk UMKM, meningkatkan kompetensi UMKM, dan penyaluran produk keuangan sesuai dengan profil dari UMKM.

Kerja sama ini pada akhirnya juga membantu Bank BRI dalam meningkatkan leading financial indicator berupa loan, savings, current account saving account (CASA) dan fee based income (FBI).



Sumber: BeritaSatu.com