18 Tim Basket Bersaing Perebutkan Piala Kadispora Cup 2018

18 Tim Basket Bersaing Perebutkan Piala Kadispora Cup 2018
Ali Santoso Wibowo pendiri ASW (All Star Winners) dan Cokorda Raka Satrya Wibawa (Ketua Panitia Kadispora Cup 2018) ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 21 Oktober 2018 | 15:09 WIB

Denpasar - Sebanyak 18 Tim SMA Putra Putri siap berlaga di ajang kejuaraan bola basket SMA tingkat Nasional memperebutkan Piala Kadispora Cup 2018 yang akan digelar di GOR Ngurah Rai, Denpasar dari tanggal 22 s/d 28 Oktober mendatang.

Hajatan yang digelar Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bali dan menggandeng mitranya All Star Winners (ASW), diharapkan mampu mencetak bibit-bibit pebasket baru khususnya di Provinsi Bali. Event ini nyatanya juga diminati sekolah dari luar Bali seperti SMK 1 Bina Bakti Bandung dan SMA Kesuma Mataram (putra) dan tim putri SKO Ragunan Jakarta.

Ali Santoso Wibowo, pendiri ASW sport berpesan kepada para seluruh peserta agar menjunjung sportivitas di lapangan dan harapannya dengan kejuaraan ini regenerasi pebasket di Pulau Dewata akan berjalan dengan baik.

"Kepada seluruh peserta saya ucapkan selamat bertanding, silakan kalian berkompetisi di lapangan dengan ketat namun tetap menjaga sportivitas dan persaudaraan. ASW dan Dispora Provinsi Bali ingin melihat dan mencetak Cokorda Bersaudara, Lolik, Riko Hantono yang baru agar nama Bali tetap disegani di perbasketan tanah air. Beserta Dispora Provinsi Bali, ASW berkeinginan kuat untuk menggelar kejuaraan ini setiap tahun dan juga memajukan cabang olahraga lainnya di Bali, namun start awal kami ingin fokus di cabang Basket," ujar Ali Santoso Wibowo, dalam jumpa pers di Grand Zuri Hotel Denpasar, Bali, Minggu (1/10).

Pelatih SMA Negeri 1 Denpasar IGN Rusta Wijaya menyambut baik diadakannya Kadispora Cup 2018. Eks pebasket Pelita Jaya yang membawa timnya juara back to back DBL tersebut merasa perlunya digelar kompetisi antar pelajar secara rutin di Provinsi Bali. Selain untuk menjadi wadah para pelajar, kejuaraan seperti ini berguna sebagai tolak ukur mereka mempersiapkan kejuaraan tingkat nasional seperti PON dan juga mencari muka baru disektor putra maupun putri.

"Untuk Kadispora cup tahun ini, saya sebagai coach Smansa sangat memberi apresiasi diselenggarakannya turnamen bersekala nasional, mungkin tahun pertama ini hanya beberapa team dari luar Bali. Semoga turnamen ini menjadi agenda tahunan yang bisa mengundang team sekolah dari luar Bali. Tim-tim dari luar biasanya mempersiapan segalanya dari jauh hari," ujarnya. 

Guna memasyarakatkan cabang basket agar semakin digemari lagi, Panitia Kadspora Provinsi Bali juga berencana mempertandingkan eksebisi basket antar sekolah dasar yang diikuti oleh empat SD antara lain SD Cipta Dharma, SD Saraswati 2, SD Saraswati 3, SD Bali Public School. Selain itu juga akan ada hadiah bagi suporter SMA terbaik selama ajang Kadispora 2018 berlangsung.

"Prestasi diasah dari kompetisi yang berjalan dengan baik dan konsisten. Kejuaraaan ini akan kami jadikan sebagai ajang seleksi pemain Pra Pon Bali. Musim depan kami ingin menggelar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Mereka nantinya adalah penerus kami di generasi selanjutnya. Tidak lupa kami berterima kasih kepada para sponsor yang sudah banyak membantu terselenggaranya Kadispora Cup.2018. Tentunya pemberitaan rekan-rekan media" papar Cokorda Satrya Wibawa, staff Dispora Provinsi Bali yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia.



Sumber: BeritaSatu.com