Gandeng NBA Junior Asia, DKI Gelar Pelatihan Bola Basket Skala Internasional

Gandeng NBA Junior Asia, DKI Gelar Pelatihan Bola Basket Skala Internasional
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka Pelatihan Bola Basket (Basketball Coaching Clinic) kerja sama dengan National Basketball Association (NBA) Junior (Jr.) Asia Tahun 2019, di Gedung Gelanggang Olah Raga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Selasa, 22 Januari 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / CAH Selasa, 22 Januari 2019 | 15:45 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Bola Basket (Basketball Coaching Clinic) yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan National Basketball Association (NBA) Junior (Jr.) Asia Tahun 2019, di Gedung Gelanggang Olah Raga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (22/1).

Kegiatan ini diikuti oleh para guru olahraga tingkat SD, SMP, SMA, dan Sekolah Agama/Pondok Pesantren di Jakarta, dengan jumlah sebanyak kurang lebih 3.000-4.000 orang.

Anies menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Pelatihan Bola Basket NBA Jr. Asia Tingkat DKI Jakarta yang memberikan perhatian penuh dan dukungan kepada para guru olahraga di Kota Jakarta dalam upaya peningkatan kapasitas permainan dan prestasi olahraga basket.

Diharapkan, pelaksanaan kegiatan ini menjadi kesempatan berharga dan bermanfaat bagi para guru olahraga serta pelatih untuk menularkan dan memberikan semua hasil pelatihan bola basket kepada para siswa didiknya. Baik dalam pelajaran ekstra kurikuler maupun pengembangan skill di klub bola basket.

“Saya menyambut baik kegiatan Coaching Clinic ini, semua (para peserta) adalah para pelatih (guru olahraga) yang sehari-hari dengan siswa. (Para peserta) InsyaAllah bukan hanya hadir untuk mengajar, mendidik, dan menginspirasi, tapi juga menggerakkan anak-anak kita untuk perubahan yang lebih baik,” kata Anies di lokasi acara.

Diharapkannya, fokus pelatihan bukan saja aspek pengertian teknik, tapi aspek interaksinya, aspek pembangkitan semangatnya dan aspek komunikasinya. “Mudah-mudahan anak-anak kita bisa ikut bermain di dalam laga-laga dunia,” ujarnya.

Menurutnya, Coaching Clinic Bola Basket ini sejalan dengan pelaksanaan 60 Daftar Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Pemprov DKI Jakarta. Yaitu, menggelorakan pesta olahraga rakyat di semua tingkat wilayah. Yang tujuan akhirnya bermuara pada perwujudan masyarakat Jakarta yang sehat, kuat dan sejahtera.

Dengan kehadiran Tim Pelatih NBA Jr. Asia dan modul, menjadi sarana yang tepat bagi peserta untuk semangat berlatih bersama. Peserta pun berkesempatan menyampaikan banyak pertanyaan teori maupun teknis bola basket kepada Tim Pelatih NBA Jr. Asia.

“Kepada para peserta, manfaatkan ini untuk belajar teknik-teknik melatih anak. Kita tahu ini adalah salah satu program yang sudah dilakukan berpuluh tahun sehingga kurikulum yang mereka gunakan sudah teruji dan sudah banyak sekali mengalami perbaikan. Bagi kita, jauh lebih baik menggunakan kurikulum pelatihan olahraga yang sudah terbangun daripada kita melakukan uji coba sendiri. Kita manfaatkan dan jadikan ini kesempatan untuk meningkatkan prestasi di Jakarta,” terangnya.

Anies juga berharap penyelenggaraan coaching clinic di awal tahun 2019 ini dapat melanjutkan kerja sama coaching clinic bola basket antara NBA Jr. Asia dan Pemprov DKI Jakarta yang telah dimulai sejak tahun 2018. Tujuannya tentu menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan teknik-teknik dasar permainan bola basket untuk para guru olahraga bola basket di DKI Jakarta, sekaligus sarana memperkuat tali silaturahmi antar guru olahraga se-DKI Jakarta.

Untuk diketahui, kegiatan ini telah diselenggarakan untuk kedua kali, sejak penyelenggaraan pertama pada tahun 2018. Untuk tahun ini, kegiatan Coaching Clinic berlangsung selama tiga hari, 22-24 Januari 2019 di Gedung Olahraga (GOR) Ciracas Jakarta Timur.

Dalam pelaksanaannya, para pelatih NBA juga akan terjun ke lapangan (school visit), untuk lebih lanjut mempraktekkan modul pelatihan bola basket dan mendorong para siswa untuk giat berlatih berolahraga, menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani, menjaga keseimbangan antara gaya hidup dan penggunaan teknologi yang sering berdampak pada obesitas pada anak-anak.

Perwakilan NBA Asia, Jim Wong mengatakan program pelatihan ini diadakan di 6 enam negara Asia, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. “Kami sangat banga tahun kedua kami telah berada di Jakarta hari. Tentunya kita tidak bisa bekerja sendiri, kita ada di sini karena kita didukung penuh oleh Pemprov DKI Jakarta. Terima kasih untuk Bapak Gubernur juga jajaran pemerintah yang telah mendukung penuh acara hari ini,” kata Wong.

Kegiatan Choacing Clinic Bola Basket ini dihadiri oleh Carlos Barocca dan Jade Kathleen Leitao yang merupakan Tim Pelatih Bola Basket NBA Jr. Asia; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Ratiyono; dan Walikota Jakarta Timur, M Anwar.



Sumber: BeritaSatu.com