Durant Tinggalkan Warriors Menuju Nets

Durant Tinggalkan Warriors Menuju Nets
Aksi Kevin Durant yang hendak melemparkan tembakan. ( Foto: Ezra Shaw/AFP )
Heru Andriyanto / HA Senin, 1 Juli 2019 | 14:01 WIB

Kevin Durant, dua kali penerima gelar most valuable player di final NBA, mengumumkan kepergiannya dari Golden State Warriors, tim yang dia bela sejak 2016, untuk bergabung dengan Brooklyn Nets.

Dalam pernyataan Minggu (30/6/2019) waktu setempat, bintang basket berusia 30 itu disebutkan akan menandatangani kontrak "level maksimum" dengan Nets seiring dimulainya "periode bebas agen" NBA.

Durant saat ini sedang dalam perawatan akibat cedera tendon Achilles ketika menjalani laga kelima final NBA bulan lalu, dan diperkirakan akan melewatkan musim 2019-20.

"Kevin Durant telah membenarkan dia akan menandatangani kesepatakan maksimum dengan Brooklyn Nets," bunyi unggahan di akun Instagram dan Twitter milik The Boardroom, jaringan perusahaan olahraga milik Durant.

Nilai maksimum bagi Durant akan mencapai sekitar US$ 164 juta (Rp 2,3 triliun) untuk empat tahun. Warriors seharusnya bisa menawarkan US$ 221 juta untuk membuatnya bertahan lima tahun lagi.

Menurut regulasi NBA, semua tim dilarang menandatangani kontrak dengan para pemainnya sampai hari Sabtu pekan ini, tetapi masih banyak yang terjadi pada beberapa jam pertama dimulainya periode bebas agen.

Sejumlah media lokal memberitakan pemain Boston Celtics Kyrie Irving akan menemani Durant di Brooklyn dengan kontrak empat tahun senilai US$ 141 juta.

Nets bisa memiliki duet maut begitu Durant kembali ke kinerjanya semula setelah rehabilitasi, seperti ketika dia membawa Warriors menjadi juara NBA 2017 dan 2018.

Durant dibekap cedera kaki kanan yang membuatnya tak bisa bermain di sembilan laga musim ini, sebelum kembali ke lapangan pada laga kelima final NBA melawan Toronto. Dia mencetak 11 angka dalam 12 menit sebelum kemudian mengalami cedera tendon sehingga harus dioperasi dua hari kemudian.

Awalnya Durant dan Irving menjadi target New York Knicks -- tim dengan hasil terburuk dengan catatan 17 menang 65 kalah musim ini.

Namun Knicks rupanya tidak bersedia menawarkan kesepakatan maksimum kepada Durant akibat cedera tersebut, dan mengalihkan bidikan pada Julius Randle dan Taj Gibson.

Meski ditinggalkan Durant, Warriors masih akan dibela spesialis tembakan tiga angka Klay Thompson yang memperpanjang kontrak lima tahun lagi senilai US$ 190 juta.

Warriors juga akan menyambut kedatangan point guard D'Angelo Russell dari Brooklyn dengan kontrak empat tahun senilai US$ 117 juta.

LA Lakers
Los Angeles Lakers memburu Kawhi Leonard, yang membawa Raptors juara NBA musim ini setelah pindah dari San Antonio Spurs, tim yang juga diberinya gelar pada 2014.

Lakers butuh satu pemain lagi untuk menciptakan trisula tajam setelah merekrut LeBron James dan Anthony Davis.

Leonard punya opsi tetap di Toronto, dan Raptors kabarnya telah menjamin akan memberi penawaran akhir setelah klub-klub lain memberikan presentasi mereka.

 



Sumber: AFP