IBL 3x3 2019 Digelar di 5 Kota

IBL 3x3 2019 Digelar di 5 Kota
Konferensi pers Indonesian Basketball League (IBL) Gojek 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019 di Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Hendro D Situmorang )
Hendro D Situmorang / JAS Jumat, 5 Juli 2019 | 07:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesian Basketball League (IBL) Gojek 3x3 Basketball Indonesia Tour tahun ini akan merambah lima kota dari tahun lalu yang hanya berlangsung di tiga kota. Ajang yang memasuki tahun kedua ini akan diawali di Grage City Mall, Cirebon (6-7 Juli), Discovery Shopping Mall, Bali (13-14 Juli), Jogja City Mall, DIY (20-21 Juli), Paskal Shopping Center, Bandung (27-28 Juli), dan Cilandak Town Square, Jakarta (3-4 Agustus).

Ajang ini terbuka untuk umum dengan empat kategori, yaitu tim IBL, U-18 putra, umum putra minimal usia 19 tahun, dan umum putri minimal usia 16 tahun.

“Dengan penambahan jumlah seri, ajang ini dapat menjadi pemanasan bagi setiap klub saat off season dan membantu mengawasi potensi pemain untuk 3x3,“ kata Direktur IBL, Hasan Gozali, di Senayan Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Ia berharap IBL Go-Jek 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019 mampu membantu untuk memasyarakatkan olahraga basket di Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada Go-Jek karena telah mendukung dan mempercayai kami untuk mengembangkan olahraga basket di Indonesia” kata Hasan.

Tahun lalu, Satria Muda Pertamina menjadi juara untuk kategori IBL dan menjadi perwakilan Indonesia di ajang FIBA 3x3 World Tour Masters.

"Kami tentu ingin kembali juara, namun semua lawan berat. Harus fokus pada setiap gim dan berikan yang terbaik," kata pemain Satria Muda, Laurentius Steven Oei.

Selain memperebutkan total hadiah 200 juta. Tahun ini, juara kategori klub IBL akan dikirim ke FIBA 3x3 World Tour Masters di Jeddah, Arab Saudi pada Oktober. Hasan yakin bahwa kegiatan ini dapat memunculkan potensi pemain IBL dan pemain muda binaan agar menjadi yang terbaik dan mampu bersaing di kompetisi internasional.

Kepala Bidang 3x3 PB Perbasi yang juga menjabat manajer timnas 3x3 putri, Anthony Gunawan menyatakan akan memantau ajang IBL Go-Jek 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019 untuk seleksi nasional pemain yang akan dipanggil untuk menghadapi multiajang SEA Games 2019. Nomor 3x3 putri akan jadi andalan untuk bisa menyumbang medali emas.

"Saat ini seleksi untuk timnas 3x3 putri akan memasuki tahap kedua. Seleksi nasional tahap pertama sudah dilakukan. Di tahap kedua, kita akan panggil delapan pemain dan mulai latihan pekan depan,” ungkapnya.

Dari seleksi tahap pertama, jelas Anthony, sudah ter­saring empat pemain dan akan dikirim ke Belanda untuk mengikuti kejuaraan dunia. Setelah dari Belanda, Perbasi akan melakukan analisis kekurangan apa yang masih ada. Pihaknya akan memanggil lagi depan pemain dan kembali melakukan seleksi pemain.

Soal target, Anthony menyatakan berani mematok medali emas. Thailand dan Filipina dinilai akan menjadi pesaing terkuat di 3x3 putri. “Di basket 3x3 putri, kekuatan kita dengan Thailand dan Filipina berimbang,” tutup dia.



Sumber: Suara Pembaruan