Basket 3x3 Bidik Emas di SEA Games 2019

Basket 3x3 Bidik Emas di SEA Games 2019
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, Manajer Rama Datau dan Pelatih Timnas Ali Budimansyah serta pemain Timnas Basket 3x3 Indonesia. ( Foto: Beritasatu Photo / Hendro D Situmorang )
Hendro D Situmorang / JAS Rabu, 21 Agustus 2019 | 07:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tim nasional (Timnas) basket 3x3 putra Indonesia asuhan Ali Budimansyah membidik medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Cabang olahraga basket 3x3 ini menjadi ajang perdana dipertandingkannya di multievent Asia Tenggara.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Danny Kosasih mengatakan telah menyampaikan target medali itu kepada manajer tim basket putra, Rama Datau dan pelatih Ali Budimansyah.

"Kami optimistis squad Merah Putih bisa memenuhi target tersebut meski secara persaingan masih ada negara kuat salah satunya tuan rumah Filipina. Kendati dari Perbasi sudah mematok target emas namun bisa saja terjadi perubahan setelah berkoordinasi dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora)," kata Danny di Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

"Terkait target di SEA Games 2019, saya sebagai pelatih setuju dengan Ketua Umum (PP Perbasi) Danny Kosasih dan Rama (manajer tim). Kita target medali emas meski persaingan di cabang olahraga basket 3x3 masih belum terpetakan oleh semua tim," sambung Ali Budimansyah.

Mantan pemain Timnas Indonesia itu mengaku ini event pertama untuk (basket 3x3) di SEA Games. Jadi sebagai pelatih kepala, ia pun tertantang untuk memberikan yang terbaik.

Ia pun telah mengatur program tim basket putra mulai dari latihan, uji coba, sampai seleksi tim, dan memilih pemain terbaik.

Walaupun di atas kertas Indonesia cukup unggul, ia tetap mewaspadai negara-negara yang secara kultur basket cukup kuat seperti Filipina, Thailand, dan Vietnam.

"Buat saya pribadi, untuk lihat tim seperti Filipina, Thailand, dan Vietnam, kita buta peta kekuatan," jelas Ali Budimansyah.

Timnas basket 3x3 Indonesia baru akan menggelar seleksi nasional (seleknas) menuju SEA Games 2019. Ada 15 pemain yang dipanggil untuk mengikuti show case kemarin Selasa hingga hari ini Rabu (21/8/2019).

Nantinya PP Perbasi akan melakukan proses promosi dan degradasi yang pada akhirnya akan mengerucut menjadi empat nama saja untuk memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2019.

"Kami ingin persiapan timnas basket 3x3 dibuat matang, bahkan rancang pemusatan latihan dan try out di luar negeri. Sekarang ada 15 pemain, tersisa 14 karena satu pemain cedera. Besok akan diseleksi dan dikerucutkan menjadi delapan pemain. Tanggal 6-9 September nanti ada turnamen FIBA 3x3 di Maladewa," tutup Rama Datau.



Sumber: Suara Pembaruan