Perbasi Gelar Liga Bola Basket 3x3 Profesional

Perbasi Gelar Liga Bola Basket 3x3 Profesional
Ilustrasi bola basket 3 on 3. ( Foto: ist )
Hendro D Situmorang / YUD Senin, 3 Februari 2020 | 18:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) di tahun 2020 tengah fokus menggarap potensi cabang olahraga bola basket 3x3 di Indonesia salah satunya dengan menggelar liga 3x3 profesional. Salah satu liga bola basket 3x3 yang akan diadakan di tahun 2020 ini adalah 3x3.EXE Premier Indonesia dan bakal berlangsung pada Agustus sampai September 2020 dengan didahului turnamen daerah dua bulan sebelumnya. Nantinya akan ada 8 seri di sejumlah kota berbeda.

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih mengatakan ajang ini bagian dari 3x3.EXE Premier yang sudah berjalan dari tahun 2014 di Jepang. Sementara tahun 2020 ini liga 3x3 Exe Premier ini bergulir di 5 negara yaitu Jepang, Thailand, Selandia Baru, Taiwan dan Indonesia dengan total lebih dari 100 tim yang akan mengikuti dari 5 negara tersebut.

"Berdasarkan keterangan dari 3x3.EXE Premier Commissioner Takaaki Nakamura bahwa ajang ini sebagai liga bola basket 3x3 terbesar di Asia karena liga ini diselenggarakan di 5 negara. Belum ada liga 3x3 di Asia yang terselenggara di negara sebanyak ini," katanya di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Chief Basketball Officer 3x3.EXE Premier Indonesia, Ali Budimansyah mengatakan liga 3x3 Indonesia ini akan diikuti sebanyak 12 tim 3x3 pro yang terdiri dari 11 tim di main draw dan 1 tim untuk yang berhasil lolos di babak kualifikasi. Babak kualifikasi sendiri akan diadakan di beberapa kota besar di indonesia.

"Nanti dari 12 tim itu akan dibagi menjadi 2 konfres. Masing masing konfres dengan jumlah 6 tim akan bermain sebanyak total 8 seri setiap konfresnya. Dan nantinya dari masing masing konfres akan mencari 2 tim terbaik dari total 8 seri tersebut untuk diberangkatkan ke Jepang pada bulan September untuk mengikuti pertandingan final round dengan tim tim terbaik dari total 5 negara yang menggelar 3x3.EXE Premier," urai dia.

Ali menambahkan nantinya untuk biaya tiket dan penginapan untuk para pemain selama di Jepang nanti itu akan disediakan oleh pihak penyelenggara. Nantinya setelah bermain 8 seri, 2 tim dengan jumlah poin terbanyak dari masing-masing konfres akan masuk ke ronde final four untuk memperebutkan posisi juara 1 dan 2 dengan hadiah sebesar 100 juta rupiah untuk peringkat 1 dan 50 juta rupiah untuk peringkat 2.

Ketua 3x3 PP Perbasi, Rama Datau mengatakan dengan digelarnya liga ini maka akan membantu program 3x3 PP Perbasi dalam rangka target menuju olimpiade 2024. Berdasarkan pengalaman timnas SEA Games 2019, Rama yang juga sebagai manajer timnas 3x3 putra mengakui bahwa tim 3x3 itu untuk menaikan skill kemampuan bermain maka harus sering bertanding di pertandingan pertandingan dengan skala internasional.

"Jadi di 3x3.EXE ini membuka kesempatan para pemain atau klub 3x3 itu bisa bermain di liga internasional. Jadi nantinya tidak hanya jago di kandang saja tapi bisa bersaing dengan tim dari luar negeri sehingga nanti saat pemain itu terpilih menjadi pemain timnas, dia sudah terbiasa bermain melawan pemain pemain asing," jelasnya.

"PP Perbasi 3x3 mempunyai target agar 3x3 Indonesia bisa masuk ke Olimpiade di tahun 2024 mendatang. Nah untuk kita bisa masuk itu maka Indonesia harus aktif mengadakan kompetisi kompetisi atau liga 3x3 dan juga harus sering mengirim tim kita untuk tanding di pertandingan pertandingan 3x3 yang di selenggarakan oleh FIBA," tutup dia. [H-15]



Sumber: Suara Pembaruan