Pebasket Adu Tangkas di Kompetisi IBL E-Sports

Pebasket Adu Tangkas di Kompetisi IBL E-Sports
Pebasket impor NSH Jakarta Mike Glover (kedua kanan) berusaha mencetak angka di bawah kawalan pemain Pacific Caesar Surabaya Louis Amable Jacobo III (kanan) dalam laga pembuka Seri III IBL 2020 di Mahaka Square, Jakarta, Jumat (31/1/2020). (Foto: Antara)
Hendro D Situmorang / AMA Selasa, 28 April 2020 | 16:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Guna mengisi kekosongan kompetisi akibat pandemi virus corona, Indonesian Basketball League (IBL) untuk pertama kali menggelar kompetisi virtual sebagai hiburan selama bulan ramadan. Kompetisi virtual bertajuk IBL E-sports Competition itu bakal berlangsung pada 4-15 Mei. Gim yang dipertandingkan merupakan permainan bola basket dengan menggunakan console PlayStation 4.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah mengatakan, kompetisi virtual tersebut merupakan upaya untuk mengobati kerinduan para penggemar yang sudah lama tak melihat aksi para idolanya di lapangan. Mereka di antaranya Sandy Ibrahim (Satria Muda Pertamina), Daniel Wenas (Louvre Surabaya), Widyanta Putra Teja (NSH), Abraham Wenas (Amartha Hangtuah), dan Valentino Wuwungan (Pelita Jaya).

”Kami ingin penggemar IBL juga berkesempatan melihat aksi mereka di luar lapangan. Kompetisi virtual itu menjadi sangat relevan untuk mengisi masa off season para pemain di tengah situasi pandemi yang saat ini masih berlangsung,” kata Junas ketika dikonfirmasi pada Selasa (28/4/2020).

Ia juga berharap, kompetisi virtual ini dapat menggaet penggemar baru dari kalangan komunitas para pecinta gim daring (dalam jaringan).

“Dengan IBL E-sports Competition ini, kami juga ingin memperkenalkan IBL kepada komunitas baru ini serta merangkul para gamers untuk menjadi penggemar bola basket ke depannya,” ujarnya.

Pemain NSH Widyanta Putra Teja menyambut baik kompetisi e-sports yang diadakan IBL. "Have fun saja. Sementara beralih jadi atlet e-sports," kata dia.

IBL Esports Competition akan dibagi dalam dua periode. Periode pertama digelar 4-8 Mei dan periode kedua diadakan 12-15 Mei. Pada ajang ini, selain dapat menyaksikan para pemain beradu ketangkasan jarinya di atas joystick PlayStation, para penggemar juga bisa berinteraksi secara langsung dengan pemain.