Tips Menggabungkan Perabotan Modern dan Klasik

Tips Menggabungkan Perabotan Modern dan Klasik
Ruang tamu yang memadukan desain klasik dan modern ( Foto: sheknows )
Selasa, 23 Oktober 2012 | 05:53 WIB
Keseimbangan dan kontras menjadi kunci dua gaya ini.

Menyatukan selera seluruh anggota keluarga dalam satu rumah memang tak mudah. Apalagi jika ada yang menyukai gaya klasik (vintage), sementara yang lainnya menyukai modern. Mencampurkan kedua gaya yang bertolak belakang ini bukanlah hal mustahil. Jangan takut untuk menjadi terlihat berantakan ketika mencampurkan modern dan klasik. Jika Anda tahu tipsnya, rumah Anda akan terhindar dari kesan norak.

Berikut tipsnya:
1. Temukan benda yang tepat
Sebelum membawa sebuah perabotan ke ruangan, tentukan peran apa yang akan dimiliki benda itu dalam skema desain secara keseluruhan. Apakah akan menjadi titik utama, atau sekadar menjadi pelengkap elemen lainnya di dalam ruangan? Seperti halnya sebuah film, ruangan juga perlu peran yang kuat sebagai karakter utama dan peran pendukung untuk menyatukan. Abaikan label atau merek benda. Untuk mengombinasikan yang vintage dan modern, Anda perlu beberapa benda yang berfungsi sebagai transisi untuk menjembatani jarak antara kedua gaya itu.

2. Keseimbangan adalah kunci
Ketika meleburkan dua gaya yang kontras ini, menciptakan keseimbangan adalah penting. Kuncinya: kontras. Misalnya pasangkan laci klasik dengan menaruh sebuah vas bergaya modern. Tempatkan bantal dari bahan kain modern di atas sofa vintage. Untuk menyederhanakan proses ini, identifikasi gaya dari perabotan-perabotan besar di dalam sebuah kelompok, kemudian gunakan benda-benda bersifat pelengkap untuk dijadikan kontrasnya. Keseimbangan juga bisa diciptakan dengan warna, pola, tekstur.

3. Ingatlah, vintage juga bisa menjadi modern
Jika Anda menemukan diri Anda terjebak antara yang lama dan yang baru, cobalah beberapa perabotan yang menampilkan karakter klasik maupun modern. Misalnya perabotan klasik yang memiliki desain sederhana, garis yang jelas adalah karakter gaya modern.

CLOSE