Logo BeritaSatu

Soal Pilpres 2024, Sandiaga Uno: Saya Patuh pada Keputusan Prabowo

Sabtu, 10 Desember 2022 | 15:54 WIB
Oleh : Helmut Timothy / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno atau Sandiaga Uno menyatakan patuh kepada kepada keputusan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terkait Pilpres 2024.

Advertisement

“Saya sebagai kader Gerindra tentunya akan patuh dengan keputusan pimpinan Pak Prabowo. Dalam komunikasi saya dengan beliau selalu memberikan arahan,” kata Sandiaga Uno saat ditemui di Kopi Johny, Jakarta, Sabtu (10/12/2022).

Sandi mengatakan, Prabowo Subianto berpesan kepadanya untuk fokus melakukan tugas sebagai Menparekraf. Meski demikian, Prabowo meminta Sandiaga untul bersiap menghadapi Pemilu 2024.

“Salah satu arahannya untuk tetap fokus menjalankan tugas kementerian, namun terap menyiapkan diri dan ini yang saya sampaikan bahwa siapa pun itu harus memiliki kesiapan sehigga nanti kontestasi di 2024 bisa kita lanjutkan pembangunan yang sudah baik ini," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sandiaga mengaku tidak memiliki ambisi untuk menjadi cawapres atau capres di Pilpres 2024. Sandiaga mengaku akan mengikuti apa pun keputusan Gerindra dan partai koalisinya.

“Tidak mematok apa pun yang diputuskan oleh parpol, gabungan parpol, koalisi apa pun itu. Siapa yang ditunjuk harus memiliki kesiapan,” katanya.

Sandiaga juga belum berpikir terkait kemungkinan bakal diusung partai lain. Ditekankan, dirinya menunggu menunggu keputusan final nama yang akan didaftarkan partai ke KPU pada Oktober 2023 mendatang.

“Saya tidak berpikir lebih jauh, kita akan tunggu sampai nanti didaftarkan di kpu, karena yang akan menentukan di KPU pada Oktober 2023, ini kepastian. Tentunya politik sangat dinamis dan fluktuatif. Kita buka ruang dan berikan penghormatan kepada proses yang diberikan partai politik dalam menjajaki calon tersebut," katanya.

Sandiaga menyatakan, saat ini fokus dengan tugasnya sebagai Menparekraf. Salah satunya melaksanakan program pembangunan ekonomi berkelanjutan dan berkadilan.

“Saya sendiri mengusung semangat untuk keberlanjutan pembangunan yang berfokus pada ekonomi yang berkeadilan, karena saya melihat ada momentum Indonesia menjadi indonesia maju, ekonomi kita terus melakukan percepatan,” katanya.

Dalam sejumlah survei nama Sandiaga Uno mencuat sebagai calon wakil presiden paling favorit dan memiliki elektabilitas cukup tinggi.

Survei yang dilakukan lembaga Charta Politika akhir September 2022 misalnya, menempatkan Sandiaga Uno pada peringkat pertama bakal cawapres dengan tingkat elektabilitas 22,3 persen disusul peringkat kedua Ridwan Kamil 20,8 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 7,2 persen.

Sementara itu menurut hasil survei lembaga penelitian kebijakan dan opini publik Populi Center pada April 2022, Sandiaga Uno menjadi cawapres pilihan masyarakat jika pemilu dilakukan hari ini. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini meraih elektabilitas 16,6 persen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ditanya soal Capres Koalisi Gerindra dan PKB, Cak Imin: Tunggu Ilham

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar menyebut sedang menunggu ilham saat ditanya mengenai capres koalisi PKB dan Gerindra menghadapi Pilpres 2024. 

BERSATU KAWAL PEMILU | 3 Februari 2023

Pertemuan Golkar dan Nasdem Upaya Benahi Komunikasi Koalisi Pemerintah

Peneliti BRIN Aisah Putri Budiatri menilai pertemuan Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum Nasdem Surya Paloh terkait komunikasi koalisi pemerintah.

BERSATU KAWAL PEMILU | 3 Februari 2023

Pengawas Pemilu Harus Berjiwa Merdeka agar Regulasi Ditegakkan

Bawaslu mengingatkan para pengawas pemilu untuk berjiwa merdeka agar tegak lurus dengan regulasi dan tidak mudah diintervensi.

BERSATU KAWAL PEMILU | 2 Februari 2023

SMRC: Pilpres Dua Putaran, Ganjar Bakal Ungguli Anies

Ganjar Pranowo serta Anies Baswedan bakal bersaing ketat usai masuk dalam putaran kedua pemilihan presiden apabila pesertanya terdiri 3, 4 pasangan.

BERSATU KAWAL PEMILU | 2 Februari 2023

Lemhannas Gelar Rapim Tentukan Arah Kebijakan Jelang Pemilu 2024

Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhannas menggelar rapat pimpinan untuk menentukan arah kebijakan, termasuk dalam menghadapi Pemili 2024. 

BERSATU KAWAL PEMILU | 2 Februari 2023

Usai Bertemu Airlangga, Surya Paloh Sebut Koalisi Pilpres 2024 Masih Terbuka

Setelah bertemu Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Nasdem menyatakan koalisi Pilpres 2024 masih dinamis dan terbuka untuk berubah.

BERSATU KAWAL PEMILU | 2 Februari 2023

Pertemuan Airlangga dan Surya Paloh Dinilai untuk Kepentingan Politik Kebangsaan

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum Nasdem Surya Paloh dinilai sebagai upaya mencairkan komunikasi politik. 

BERSATU KAWAL PEMILU | 1 Februari 2023

Buka Mukerwil 1 DPW PPP Aceh, Mardiono: Maksimalkan Kursi Legislatif

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono menegaskan partainya mengejar keterwakilan di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

BERSATU KAWAL PEMILU | 2 Februari 2023

Golkar Bantah Pertemuan dengan Surya Paloh untuk Dorong Duet Airlangga-Anies

Partai Golkar membantah kedatangan Ketum Partai Nasdem Surya Paloh untuk mendorong duet Airlangga Hartarto dan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

BERSATU KAWAL PEMILU | 1 Februari 2023

Gus Yahya Ultimatum Pihak yang Catut NU demi Politik

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya akan bersikap tegas terhadap pihak yang catut nama NU demi politik.

BERSATU KAWAL PEMILU | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pertemuan Golkar dan Nasdem Upaya Benahi Komunikasi Koalisi Pemerintah

Pertemuan Golkar dan Nasdem Upaya Benahi Komunikasi Koalisi Pemerintah

BERSATU KAWAL PEMILU | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE