Melawan Covid-19, Pemkot Depok Bentuk Kampung Siaga

Bhakti Hariani / EAS Minggu, 29 Maret 2020 | 18:42 WIB

Depok, Beritasatu.com - Pemerintah Kota Depok menginisiasi pembentukan kampung siaga Covid-19 bekerja sama dengan komunitas sekolah Relawan. Kampung Siaga ini juga menerima bantuan yang berada dibawah komando Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kota Depok.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, kampung siaga Covid-19 yang dilakukan secara swadaya akan dibentuk pada level RW dengan melibatkan partisipasi warga, yang terdiri dari satgas siaga, kesehatan, keamanan, logistik dan humas. Kampung siaga Covid-19 ini akan difungsikan dalam sosialisasi Covid-19, sterilisasi fasos fasum, mengaktifkan sistem keamanan warga, sistem informasi kesehatan warga dan lumbung pangan warga. 

"Kampung siaga ini juga dapat difungsikan untuk monitoring Kasus Terkonfirmasi Positif, ODP dan PDP yang melakukan isolasi mandiri serta nantinya akan dilibatkan dalam distribusi logistik," kata Idris, Minggu (29/3/2020) di Depok, Jawa Barat.

Sebagai pilot project, kata Idris, bisa dilihat di kampung siaga Covid-19 di Perumahan Kalibaru Permai-Cilodong, kampung siaga di Perumnas Beji Depok Utara, dan beberapa RW lainnya yang saat ini tengah bergerak membentuk kampung siaga.

Lebih lanjut diungkap Idris, langkah-langkah taktis yang dilakukan Gugus Tugas Pemkot Depok di antarannya koordinasi pusat dan provinsi yang dilakukan secara langsung, penanganan kasus sesuai tupoksi masing-masing dan pengawasan intensif bagi ODP/PDP/Terkonfirmasi Positif yang melakukan isolasi mandiri, penyemprotan disinsfektan, sosialisasi secara masif, menggerakan
relawan dan sebagainya.

"Kami memahami banyaknya keluhan yang disampaikan, hal ini mengingat pandemi Covid-19 sangat masif, sedangkan peralatan sulit diperoleh terutama APD. Fasilitas kesehatan yang menangani Covid-19 saat ini kondisinya rata-rata sangat terbatas," kata Idris.

Pemkot Depok juga sudah merencanakan RS yang didedikasikan untuk Covid-19 yaitu RSUI, dan saat ini sedang dipersiapkan.

"Kami juga merencanakan Rumah Sakit Lapang di area RSUD hingga alternatif menyiapkan ruang sekolah yang akan didedikasikan sebagai tempat penanganan kasus ringan Covid-19. Demikian pula dengan RS di Wisma Atlet, kami melakukan koordinasi intensif untuk penanganan kasus Covid-19 dari Kota Depok," papar Idris.



Sumber: BeritaSatu.com