Tito Karnavian Bicara Soal Upaya Negara-negara Temukan Vaksin Covid-19

Robert Vanwi Isidorus / CAR Jumat, 10 Juli 2020 | 16:55 WIB


Jayapura, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bicara upaya dunia internasional menemukan vaksin Covid-19. Sebab menurut Tito, pandemi Covid-19 akan berakhir apabila vaksin ditemukan.

Akan tetapi, Tito menegaskan hingga sekarang belum ada pihak yang dapat memastikan ketersediaan vaksin. Tito mengungkap Tiongkok sudah mengeluarkan vaksin CanSino Biologics, tapi masih dalam tahap uji klinis.

“Artinya diuji dulu apakah betul-betul efektif. Di laboratorium mungkin efektif, tapi di manusia belum tentu, makanya lagi uji klinis kepada orang,” kata Tito dalam Rapat Koordinasi Pilkada Serentak 2020 di Jayapura, Papua, Jumat (10/7/2020).

Tito menyatakan pemerintah berusaha keras, supaya akhir tahun ini bisa menemukan vaksin sendiri. Pasalnya virus Covid-19 memiliki tipe yang berbeda antarnegara. Tito menjelaskan virus di Tiongkok, berdasarkan sejumlah penelitian tidak sama persis dengan di negara-negara Eropa maupun Amerika.

“Di Indonesia juga ada bedanya sedikit dalam mutasi dengan alam dan lain-lain. Jadi tak sama persis karakteristiknya dengan di Tiongkok, Amerika maupun Eropa. Artinya vaksin yang ditemukan di Tiongkok, Amerika dan Eropa belum tentu cocok dengan virus yang ada di Indonesia, sehingga kita berusaha juga meneliti untuk menemukan sendiri dipimpin Menristek,” ungkap Tito.



Sumber: BeritaSatu.com