Presiden Jokowi Perintahkan Kendalikan Transportasi Lintas Wilayah

Lenny Tristia Tambun / CAR Senin, 13 Juli 2020 | 11:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju untuk melakukan langkah pengendalian penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Salah satunya dengan melakukan pengendalian wilayah perbatasan, perjalanan dan transportasi lintas wilayah. Sebab penyebaran Covid-19 dapat semakin meluas bila tidak dilakukan langkah pengendalian di wilayah perbatasan.

“Pengendalian wilayah perbatasan, dan perjalanan serta transportasi lintas wilayah. Ini betul-betul harus kita jadikan perhatikan lagi,” kata Jokowi saat membuka Rapat Terbatas (Ratas) tentang Percepatan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/7/2020).

Hal ini dilakukan, karena Jokowi melihat angka penyebaran Covid-19 dari warga negara Indonesia (WNI) yang baru bepergian ke luar negeri atau imported case semakin meningkat.

“Karena imported case dari luar negeri juga kita lihat meningkat,” ujar Jokowi.

Dalam ratas itu, Jokowi kembali mengingatkan jajarannya, terkait komunikasi yang partisipatif, yakni komunikasi yang membangun kepercayaan berbasis ilmu pengetahuan dalam mengambil sebuah kebijakan atau keputusan.

“Jadi yang terus kita berikan tekanan mengenai komunikasi yang partisipatif. Komunikasi yang membangun kepercayaan, membangun trust berbasis ilmu pengetahuan, science dan juga data science, guna membangkikan pertisipasi masyarakat terutama yang rentan,” jelas Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi terus mengingatkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan tetap diterapkan dengan baik. Pengawasannya pun harus maksimal agar masyarakat bisa mematuhinya dengan baik.

“Memasifkan kembali gerakan nasional disiplin protokol kesehatan mengenai jaga jarak, penggunaan masker, cuci tangan. Karena dari survei yang kita lihat di Jatim, saat saya ke Jatim, survei mereka di Jatim untuk mereka, 70% masyarakat tidak menggunakan masker,” terang Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta peran dari TNI-Polri hingga tokoh masyarakat dalam mensosialisasikan hingga mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat.

“Ini mobilisasi yang saya inginkan mobilisasi di Polri, TNI, ormas, relawan, tokoh, di kampus semua digerakkan untuk mengkampanyekan itu sekaligus melakukan pengawasannya,” ungkap Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com