Samindo Perpanjang Kontrak Penambangan Batubara Kideco

Samindo Perpanjang Kontrak Penambangan Batubara Kideco
Samindo Resources ( Foto: ist )
Parluhutan / PAR Senin, 20 November 2017 | 21:53 WIB

Jakarta – PT Samindo Resources Tbk (MYOH) melalui empat anak usahanya berhasil meraih kesepakatan lanjutan kontrak jasa penambangan batubara dengan PT Kideco Jaya Agung. Kontrak lanjutan tersebut juga mengatur peningkatan produksi setiap tahun.

Keempat anak usaha perusahaan tersebut adalah PT SIMS Jaya Kaltim (pemindahan batuan penutup dan produksi batubara), PT Samindo Utama Kaltim (pengangkutan batubara), PT Trasindo Murni Perkasa (pengangkutan batubara), dan PT Mintec Abadi (pemboran eksplorasi).

Investor Relations Samindo Resources Ahmad Zaki Natsir mengatakan, kesepakatan perpanjangan kontrak dengan Kideco mengatur bahwa target produksi batubara akan dinaikkan setiap tahun terhitung sejak tahun 2018. “Salah satu butir kesepakatan perpanjangan kontrak tersebut adalah produksi batubara tahun 2017 akan dijadikan sebagai batas bawah dalam perhitungan target tahunan perseroan ke depan,” ujarnya melalui siaran pers diterima di Jakarta, Senin (20/11).

Dia mengatakan, atas kesepakatan tersebut dapat dipastikan volume produksi overburden removal dan batubara perseroan dipastikan mengalami peningkatan setiap tahun. Hal ini diharapkan berdampak positif terhadap kinerja keuangan perseroan dalam jangka panjang.

“Mengacu pada kesepakatan perseroan dengan Kideco, kami yakin target produksi perseroan akan meningkat setiap tahun terhitung mulai tahun 2018,” terangnya.

Perseroan juga sebelumnya telah mengantongi kontrak jangka menengah dengan Bayan Group untuk aktivitas pemindahan batuan penutup dan produksi batubara. Menurut dia, proyek penambangan batubara Bayan ditargetkan berkontribusi signifikan terhadap kinerja operasional perseroan mulai 2018.

Perseroan sebelumnya telah menandatangi kontrak penambangan batubara dengan anak usaha PT Bayan Resources Tbk (BYAN) berjangka waktu hingga 2019. Kontrak baru ini memberikan tambangan 6 juta bcm batuan penutup setiap tahun.

Berdasarkan kontrak yang telah ditandatangani, perseroan ditargetkan memproduksi batuan penutup dari proyek Bayan sebanyak 2,6 juta bcm hingga akhir tahun ini. Hingga September 2017, volume overburden yang dihasilkan dari tambang tersebut telah mencapai 1,3 juta bcm, sehingga tersisa 1,3 juta bcm pada kuartal IV tahun ini.

Samindo Resources merupakan investment holding company dengan kompetensi inti penyediaan jasa pertambangan batubara, seperti pemindahan lahan (overburden removal) dan produksi batubara (coal getting), pengangkutan batubara (coal hauling), dan pemetaan geologi, dan pemboran (geological mapping and drilling).



Sumber: BeritaSatu.com