Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Rp2,4 Triliun

Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Rp2,4 Triliun
Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (KA Basoetta) tiba di Stasiun Sudirman Baru saat uji coba perdana di Jakarta, 25 November 2017. Uji coba perdana pengoperasian Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta ini untuk menguji jalur yang dilalui sebelum diresmikan oleh Menteri BUMN pada awal Desember. ( Foto: Antara / Hafidz Mubarak A )
Nurlis E Meuko / NEF Jumat, 15 Desember 2017 | 11:39 WIB

Jakarta - Pemerintah melaksanakan groundbreaking pembangunan jalur ganda Kereta Api lintas Bogor-Sukabumi. Anggaran yang disiapkan Rp2,4 triliun.

Groundbreaking diresmikan Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pembangunan jalur senilai Rp2,4 triliun ini adalah janji Jokowi yang disampaikan saat berkunjung ke Sukabumi pada September 2017.

Pembangunan jalur ganda KA ini didorong oleh kondisi jalan raya yang menghubungkan Sukabumi–Bogor-Jakarta yang sudah jenuh. Kondisi sekarang, melintasi jalur yang berjarak 112 kilometer itu sampai memakan waktu 6 jam, kondisi normal adalah 4 jam.

Di satu sisi, pada lintas Jakarta–Bogor-Sukabumi sudah terhubung dengan moda transportasi KA. Untuk lintas Jakarta – Bogor sepanjang ±55 Km jalur ganda dan sudah elektrifikasi.

Sedangkan lintas Bogor - Sukabumi sepanjang ±57 Km masih jalur tunggal (single track). Saat ini dengan menggunakan kereta api lama waktu perjalanan dapat ditempuh selama ±3,5 jam.

Pemerintah berharap dengan pembangunan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi dapat mendorong masyarakat beralih menggunakan moda transportasi KA.

Selain itu diharapkan pelaku industri dan perdagangan pun mau beralih pengangkutan barang dari moda transportasi berbasis jalan raya menggunakan moda transportasi berbasis rel.[]



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE