Garuda, Lion, hingga Airnav Tandatangani Komitmen Keselamatan

Garuda, Lion, hingga Airnav Tandatangani Komitmen Keselamatan
Ilustrasi Garuda Indonesia ( Foto: Istimewa )
Thresa Sandra Desfika / AB Jumat, 7 Desember 2018 | 14:25 WIB

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) bersama para operator di sektor penerbangan menandatangani komitmen keselamatan bersama guna meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan industri jasa aviasi. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemhub Polana Banguningsih Pramesti dan perwakilan operator penerbangan, antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Angkasa Pura I dan II, serta Airnav Indonesia. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut menyaksikan penandatanganan komitmen yang dilakukan di Jakarta pada Kamis (6/12) malam itu.

Menhub menyambut baik adanya penandatanganan komitmen tersebut karena keselamatan merupakan aspek utama dalam pelaksanaan transportasi. Dia mengingatkan, agar para operator penerbangan terus meningkatkan pemenuhan terhadap aspek keselamatan.

"Transportasi sebagai bagian yang sudah sangat terinternalisasi dalam kehidupan sosial masyarakat kita dan telah menjadi bagian dari rutinitas kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itu, keselamatan transportasi penerbangan juga menjadi isu penting dan menjadi perhatian kita bersama," katanya.

Budi menuturkan pihaknya terus mengawasi secara ketat pemenuhan aspek keselamatan, keamanan, hingga pelayanan oleh maskapai, operator bandara, maupun operator navigasi penerbangan. Hal ini demi mengimbangi jumlah pengguna moda transportasi udara yang selalu mengalami peningkatan signifikan setiap tahun.

Sementara itu, Polana mengutarakan melalui penandatanganan komitmen keselamatan, pihaknya berharap adanya penguatan kerja sama antara regulator dan industri penerbangan untuk meningkatkan keselamatan.

"Kita tidak bisa menyampingkan safety. Meningkatkan safety adalah cara untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap dunia penerbangan nasional. Yang terpenting adalah keselamatan, tidak ada toleransi dalam keselamatan. Ini no go item, harus dipenuhi bila ingin berangkat," ungkap Polana.

Ke depan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan melaksanakan kampanye keselamatan secara tatap muka langsung kepada masyarakat selaku pengguna moda transportasi udara guna memupuk rasa percaya masyarakat terhadap penerbangan.

“Pelayanan dan fasilitas sebagai faktor penunjang akan senantiasa kami tingkatkan agar para pengguna semakin terlayani dengan baik dan semakin meningkat pula antusias masyarakat memilih transportasi udara dalam menjalankan aktifitas," imbuh Polana.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE