Pariwisata Jadi Kunci Pengembangan Ekonomi Kreatif

Pariwisata Jadi Kunci Pengembangan Ekonomi Kreatif
Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mendapatkan penghargaan Innovation Network of Asia (INA) sebagai Wali Kota Entrepreneur Award 2018 kategori Pariwisata, Rabu (5/12/2018). ( Foto: istimewa )
Bernadus Wijayaka / BW Jumat, 7 Desember 2018 | 16:44 WIB

Jakarta- Komitmen Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam mengelola pariwisata budaya di Kota Denpasar berbuah manis.

Rai mendapatkan penghargaan Innovation Network of Asia (INA) sebagai Wali Kota Entrepreneur Award 2018 kategori Pariwisata, Rabu (5/12) lalu.

Penghargaan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Philip Kotler Center for ASEAN Marketing (PK CAM) ini diberikan kepada kepala daerah yang paling kreatif, inovatif, dan entrepreurial.

Penghargaan INA Entrepreneur Award tersebut diserahkan secara langsung Menteri Koperasi dan UKM AA Gede Ngurah Puspayoga didampingi Tri-Founder PK CAM yang sekaligus Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya, dan diterima langsung Rai Mantra.

Menurut Rai Mantra, pariwisata menjadi suatu kunci dalam pengembangan ekonomi kreatif. Hal itu telah menjadi visi misi Denpasar, yakni Kreatif Berwawasan Budaya dalam Keseimbangan menuju Keharmonisan.

Dari visi misi ini terlihat bagaimana Kota Denpasar mengelola pariwisata kota kreatif. “Nantinya diharapkan dapat memberikan imbas pada tingkat kebahagiaan masyarakat Kota Denpasar,” kata Rai Mantra dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, salah satu terobosan yang dilakukan adalah memberikan peningkatan produk kreatif yang ada, seperti halnya keberadaan kuliner tradisional Bali yang mewajibkan hotel-hotel menampilkan menu tradisional Bali.

“Adanya tenun khas yakni endek juga perlu diperhatikan lewat mendorong penggunaan dan kebanggaan memakai kain endek. Langkah ini tentunya didukung dengan membangun partisipasi masyarakat berbasis potensi lokal hingga membangun networking serta coworking space,” katanya.

"Daya dukung smart city juga tak terlepas dari penguatan pariwisata kreatif. Denpasar smart city tampil dengan akses kemudahan kepada masyarakat. Baik itu dalam tatanan Denpasar Smart City hingga dalam program maupun inovasi kreatif," sambungnya.

Founder PK CAM yang sekaligus Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya mengatakan, Wali Kota Denpasar layak mendapatkan penghargaan ini karena dinilai mampu menyelesaikan berbagai permasalahan, di antaranya di bidang investasi, dan menumbuhkan sektor entrepreneur.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE