Pelabuhan Sibolga Jadi Urat Nadi Perekonomian Sumut

Pelabuhan Sibolga Jadi Urat Nadi Perekonomian Sumut
Presiden Joko Widodo meresmikan pelabuhan Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara pada Minggu (17/3). ( Foto: Antara / Desca Lidya Natalia )
Carlos KY Paath / FER Senin, 18 Maret 2019 | 18:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasional terminal penumpang dan dermaga Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (17/3/2019). Pelabuhan ini digadang-gadang menjadi pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumut.

Menurut Jokowi, ketika dirinya ke Sibolga pada 2016, jalanan masih berlubang dan fasilitas pelabuhan belum memadai. "Sekarang sudah berubah signifikan,” kata Jokowi dalam keterangan seperti diterima Beritasatu.com, Senin (18/3/2019).

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Sibolga

Jokowi menyambut baik penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga, terutama kapasitas angkutnya yang naik signifikan, sehingga kapal besar sudah bisa sandar. "Ferry dan Kargo juga terpisah. Tentu sangat efisien. Semoga perekonomian Sibolga dan Sumut terus tumbuh,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno, mengharapkan seluruh BUMN untuk terus meningkatkan peran dalam hal peningkatan pemerataan ekonomi. Misalnya melalui ketersediaan infrastruktur yang memadai.

Rini menyatakan, dirinya bangga dengan pengembangan pelabuhan yang sesuai dengan arahan Presiden Jokowi telah dilakukan oleh Pelindo I. "Pelabuhan Sibolga saat ini sudah jauh lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya, fasilitas sudah memadai,” kata Rini.

Hal ini, menurut Rini, membuat dirinya terus mendorong BUMN meningkatkan pelayanan yang otimal kepada masyarakat. "Semoga ini dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jasa,” harap Rini.

Baca Juga: Pelindo I Tuntaskan Pengembangan Pelabuhan Sibolga

Pengembangan dan pembangunan Pelabuhan Sibolga ini meliputi aspek perluasan dermaga untuk peti kemas dan general cargo, perluasan dermaga ferry 400 meter persegi (m2), pembangunan container yard, perkuatan dermaga, trestle dan breasting dolpin, serta pemasangan crane dermaga (fix crane).

Sedangkan Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana, memberikan kredit tersendiri terkait proyek yang telah rampung dibangun akhir 2018 lalu. Bambang menyatakan, Pelabuhan Sibolga ini bisa memberikan multiplier effect.

"Pelabuhan Sibolga sudah 100 persen siap dioperasikan. Kami optimistis, ke depannya, Pelabuhan Sibolga ini mampu membawa multiplier effect yang luar biasa bagi perekonomian sekaligus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara,” ucap Bambang.



Sumber: Suara Pembaruan