Airlangga: Produk Kerajinan Bidik Peningkatan Ekspor Hingga 9%

Airlangga: Produk Kerajinan Bidik Peningkatan Ekspor Hingga 9%
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Rabu, 24 April 2019 | 20:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perindustrian menargetkan ekspor produk kerajinan Indonesia dapat meningkat hingga 9% pada 2019.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto optimistis industri kerajinan menjadi ujung tombak bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurutnya, optimisme itu ditopang melalui jumlah Industri Kecil dan Menengah (IKM) kerajinan yang mencapai 700 ribu unit usaha dan menyerap tenaga kerja langsung lebih dari 1,3 juta orang.

"Presiden selalu meminta untuk mendorong ekspor, dan salah satu adalah sektor kerajinan yang mempunyai 700 ribu unit usaha dan pekerja langsung hampir 1,3 juta orang, dan ekspornya diharapkan tahun ini bisa meningkat 9 persen," kata Airlangga pada pembukaan Pameran Inacraft 2019 di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Airlangga mengatakan, industri kerajinan merupakan salah satu sektor industri kreatif yang mampu berkontribusi besar bagi perekonomian nasional.

Industri kerajinan yang didominasi oleh IKM dinilai terus berkembang, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan.

“Berbagai produk kerajinan yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil yang umumnya adalah para pelaku usaha industri mikro, kecil dan menengah ini tidak hanya untuk memenuhi pasar lokal saja, tetapi juga telah merambah ke pasar ekspor,” kata Airlangga.



Sumber: BeritaSatu TV