Kebijakan Ekspor Bawang Merah Dinilai Harus Dievaluasi

Kebijakan Ekspor Bawang Merah Dinilai Harus Dievaluasi
Pedagang menyiapkan bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat 3 Mei 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Ridho Syukro / FER Minggu, 5 Mei 2019 | 17:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, bawang merah dan bumbu-bumbuan dan tarif angkutan udara menjadi penyebab inflasi sebesar 0,44 persen pada April 2019.

Pengamat Ekonomi, Dr Fithra Faisal, menilai, kebijakan pemerintah untuk mengekspor bawang merah harus dievaluasi. Pasalnya, naiknya harga bawang merah karena stok dalam negeri kurang, akhirnya menyebabkan inflasi. Seharusnya, jika stok bawang merah Indonesia banyak hingga bisa ekspor, mengapa harga bawang bisa naik.

"Logika awam saja, ditahan dulu lah ekspornya. Hal itu, supaya bisa menahan volatilitas saat Ramadan,” ujar Fithra dalam siaran persnya yang diterima Beritasatu.com, Minggu (5/5/2019).

Lebih lanjut, Fithra mengkhawatirkan, inflasi yang disebabkan harga bumbu-bumbuan ini dapat meningkat lagi pada bulan Mei 2019 atau pada bulan Ramadan.

Sementara, Kepala Divisi Pergudangan, Persediaan dan Angkutan Perum Bulog, Mokhamad Suyamto, mengatakan pemerintah perlu memiliki stok cadangan bawang merah di Tanah Air. Adanya stok diyakini bisa membuat permerintan mudah mengontrol harga komoditas hortikultura ini.

“Selama ini, pemerintah belum memiliki cukup stok cadangan bawang merah dan komoditas holtikultura lainnya,” kata Suyamto.

Di tempat terpisah, Kepala BPS, Suhariyanto, menuturkan, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya seluruh indeks kelompok pengeluaran. Antara lain kelompok bahan makanan sebesar 1,45 persen dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,19 persen.

Sumbangan inflasi dari kenaikan komoditas bahan makanan pada periode April 2018 meliputi bumbu-bumbuan seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.

Merujuk data BPS, bawang merah memberi andil inflasi sebesar 0,13 persen, bawang putih memberi andil inflasi sebesar 0,09 persen, dan cabai merah sebesar 0,07 persen.

Terlihat dalam kelompok bumbu-bumbuan, bawang merah memberi andil paling besar yang turut menyumbang inflasi pada April 2019.



Sumber: Investor Daily