Garuda Segera Pasang Wifi Gratis dalam Kabin

Garuda Segera Pasang Wifi Gratis dalam Kabin
Pesawat milik maspakai Garuda Indonesia sesaat sebelum lepas landas. ( Foto: BeritaSatu Photo/Danung Arifin )
Hotman Siregar / HA Kamis, 9 Mei 2019 | 01:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Manejemen maskapai nasional Garuda Indonesia menjelaskan keputusannya untuk menggandeng PT Mahata Aero Teknologi dalam penyediaan fasilitas wireless fidelity (wifi) dalam pesawat.

Direktur Teknik dan Layanan Garuda Iwan Joeniarto mengatakan bahwa wifi dapat terpasang pada pesawat grup Garuda Indonesia dalam satu setengah tahun ke depan. Hal itu, kata dia, sebagai bagian dari transformasi Garuda sebagai maskapai berbasis digital.

Dia menjelaskan sebelumnya penyediaan wifi ini sudah dilakukan maskapai lain di negara Eropa seperti Norwegia. Konsep serupa menurutnya dapat dilakukan oleh Garuda.

"Mereka (Mahata) bisa mendapatkan bagi hasil, datang dari misalnya iklan, inflight connectivity, hingga hiburan," kata Iwan dalam paparan publik Garuda di hanggar GIAA, Tangerang, Banten, Rabu (8/5/2019).

Iwan mengatakan bahwa Garuda telah melakukan studi kelaikan dan kajian mendalam dalam memilih Mahata sebagai rekanan. Walaupun Mahata merupakan bisnis rintisan yang berdiri kurang lebih 11 bulan, kata Iwan, perusahaan tersebut memiliki kontrak dengan entitas usaha internasional seperti Lufthansa System, Lufthansa Technik, Inmarsat, hingga CBN.

Perusahaan-perusahaan internasional tersebut menerapkan prinsip know your customer (KYC) yang tertib dalam menentukan rekaman.

"Kami sebagai perusahaan terbuka juga lakukan kriteria vendor sebelum menjalankan bisnis," tegas Iwan.

Selain itu Mahata disebutnya didukung perusahaan induk yakni Global Mahata Group dengan nilai bisnis keseluruhan US$ 640,5 juta. Hal yang juga tak kalah penting adalah tawaran Mahata bahwa Garuda tak usah mengeluarkan ongkos investasi sepeser pun dan pemasukan lewat bagi hasil (revenue sharing).

"Ini konsep yang baru, zero investment," kata Iwan.

Selain maskapai Garuda, pihaknya juga berencana akan memberikan layanan wifi cuma-cuma pada 15 armada persero dan anak usahanya PT Citilink Indonesia (Citilink). Layanan kepada penumpang emiten pelat merah penerbangan itu sebagai bagian dari kerjasama dengan PT Mahata Aero Technology ( Mahata) selaku operator wifi gratis di pesawat udara.

Iwan mengatakan, akan melakukan instalasi wifi pada 15 pesawat Citilink, empat hingga lima pesawar GIAA Airbus 330 dan 320, serta sepuluh pesawat jenis Boeing 737.

"Instalasi itu memang bertahap karena terkait peraturan penerbangan internasional dan karena pesawat kami banyak leasing sehingga perlu sertifikasi dari pabrikan pesawat seperti Airbus dan Boeing,” katanya.

Tak hanya maskapai Garuda dan Citilink, maskapai Sriwijaya juga tersambung dengan layanan wifi secara cuma-Cuma. Layanan gratis ini dapat dinikmati hingga ketinggian 35.000 kaki.

Sementara itu Direktur keuangan dan Manajemen Risiko GIAA, Fuad Rizal menyampaikan, kerjasama selama 15 tahun dengan Mahata tersebut akan memberi kompensasi kepada persero senilai US$ 241,9 juta.

"Kerjasama itu akan memberi manfaat besar dan dengan transaksi tersebut akan mengalir ke GIAA,” tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan